Setiawan, Niwang Jati Kos (2022) Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Darul A’mal Kota Metro TP 2021/2022. Masters thesis, IAIN Metro.
PDF
TESIS NIWANG JATI KOS SETIAWAN -18003802 - PBA.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran guru menghadapi berbagai tantangan yang disebabkan oleh berbagai aspek dan pembelajaran sebelumnya. Guru dihadapkan berbagai problem berupa kesulitan belajar pada peserta didik yang disebabkan diantaranya oleh kompetensi guru. Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah karena di Madrasah Darul A’mal Kota Metro ditemukan masalah yang terkait kompetensi guru dari aspek penguasaan keterampilan berbahasa dan masalah kreatifitas guru dalam pembelajaran Bahasa Arab yang dilihat dari penggunaan metode, strategi dan media pembelajaran. Oleh karena itu peneliti mengajukan pertanyaan: bagaimanakah kompetensi guru dalam pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Darul A’mal Kota Metro TP 2021/2022?
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan. Penggunaan jenis kualitatif ini karena peneliti akan mencari data-data lapangan dengan teknik wawancara dan observasi terhadap guru dan siswa terkait data kompetensi guru. Oleh karena itu sumber data utama adalah guru Bahasa Arab, peserta didik, kepala madrasah dan para staf. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, lalu dianalisis dengan Langkah-langkah reduksi data, display data dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menemukan temuan yaitu secara umum guru Bahasa Arab telah memenuhi syarat untuk menjadi guru dalam pembelajaran bahasa Arab. Namun dalam efisiensi perencanaan pembelajaran guru kurang kreatif karena dalam menyusurun dokumen perencanaan pembelajran, guru hanya copy paste dari rencana pengajaran yang ada, kemudian menyesuaikan dengan bidang studi yang diajarkan. Selanjutnya dalam proses pembelajaran sering kali ditemukan ketidaksesuaian antara rencana pembelajaran yang dibuat dengan praktik pembelajaran yang dilakukan guru. Dalam proses penilaian pembelajaran instrument penilaian yang disusun oleh guru tidak sesuai denganm ateri yang diajarkan. Hal ini berdampak pada ketidakmampuan peserta didik dalam menjawab pertanyaan yang diajukan yang berakibat pada rendahnya hasil belajar. Perencanaan program yang dilakukan oleh guru bahasa Arab di Madrasah Darul A’mal Kota Metro adalah menyusun program tahunan, program semester, kurikulum, rencana pelaksanaan pembelajaran, sesuai dengan standar yang ditentukan dalam Standar Pendidikan nasional.
Namun temuan penelitian menunjukkan bahwa dalam penyusunan perencanaan tersebut, guru hanya mengikuti dokumen yang ada yang cenderung copy paste, terutama dalam menyusun rencana program pembelajar. Sehingga ini menyebabkan guru tidak kreatif dalam menyusun dokumen perencanaan.
Pelaksanaan pembelajaran bahsa Arab tidak sesuai dengan indikator keberhasilan pembelajaran, tidak sesuai dengan kompetensi yang ditetapkan. Selain itu penggunaan strategi dan media yang kurang relevan dengan materi yang disampaikan yang menyebabkan peserta didik kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Guru juga dalam melakukan penilaian tidak sesuai dengan apa yang diberikan guru dalam rencana pembelajaran. Guru juga dalam menyusun instrument penilaian sering kali tidak sesuai dengan materi yang disampaikan dalam pembelajaran. Hal ini tentu menunjukkan bahwa kompetensi guru dalam pembelajaran bahasa Arab masih mengalami berbagai kendala.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 08:08 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 08:08 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6443 |
Actions (login required)
View Item |