Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubungan motivasi ekstrinsik dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SDN 2 Bumiharjo Batanghari tahun pelajaran 2018/2019

Maryana, Eli (2019) Hubungan motivasi ekstrinsik dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SDN 2 Bumiharjo Batanghari tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 143.FTIK.2019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar adalah hasil dari interaksi tindak belajar peserta didik dan tindak pengajaran yang dilakukan oleh pendidik, tindak pengajaran diakhiri dengan proses evaluasi, sedang tindak belajar merupakan puncak dari proses belajar dengan meningkatnya kemampuan peserta didik. Hasil belajar merupakan hasil penilaian pendidik terhadap peserta didik setelah melakukan kegiatan pembelajaran, dimana hasil belajar peserta didik ini dapat dipengaruhi dengan beberapa faktor, diantaranya adalah motivasi belajar.

Motivasi merupakan keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar serta memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki siswa tercapai. Motivasi yang menyebabkan siswa melakukan kegiatan belajar dapat timbul dari dirinya sendiri maupun dari luar darinya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah ada hubungan motivasi ekstrinsik dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SD N 2 Bumiharjo Batanghari dan seberapa besar hubungan motivasi ekstrinsik dengan hasil belajar siswa mata palajaran matematika kelas V SD N 2 Bumiharjo Batanghari?”. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hubungan motivasi ekstrinsik dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika untuk kelas V SD N 2 Bumiharjo Batanghari.

Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian kuantitatif, dengan sampel 20 siswa kelas V metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan korelasi Product Moment.

Berdasarkan hasil analisis, data yang diperoleh menggunakan koefisien korelasi rhitung sebesar 0,766 sedangkan rtabel taraf signifikan 5% sebesar 0,468, ternayata rhitung lebih besar dari rtabel, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Maka kesimpulannya Ada hubungan motivasi ekstrinsik dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SD N 2 Bumiharjo Batanghari dan seberapa besar hubungan motivasi ekstrinsik dengan hasil belajar siswa mata palajaran matematika kelas V SD N 2 Bumiharjo Batanghari Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 24 Sep 2019 08:19
Last Modified: 24 Sep 2019 08:19
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/65

Actions (login required)

View Item View Item