Indah, Rapi Mustika (2022) Strategi Bertahan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Bidang Kuliner Di Tengah Pandemi Covid 19 (Di Desa Bumi Kencana Kecamatan Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
SKRIPSI Rapi Mustika Indah -1804101075 - S1 PBS.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Saat ini Indonesia sedang mengalami pandemic covid 19, himbauan pemerintah untuk mencegah mata rantai penyebaran virus ini mengharuskan untuk berdiam diri dirumah. Hal ini berdampak pada ketidakstabilan ekonomi masyarakat dan salah satu yang terkena dampaknya adalah UMKM. Maka dari itu beberapa UMKM harus memerlukan suatu strategi bertahan agar usaha yang dijalankan tetap berjalan dengan apa yang diinginkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana rancangan strategi beertahan yang digunakan oleh pemilik pelaku UMKM khususnya pada bidang kuliner dalam menghadapi masa pandemic covid 19 ini. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pemilik warung kuliner di desa Bumi Kencana Kecamatan Seputih agung kabupaten lampung tengah, sedangkan dokumentasi diperoleh dari data data yang ada dilapangan.
Hasil penelitian ini merekomendasi strategi bertahan untuk UMKM berupa melakukan pembiayaan pada lembaga keuangan syariah BMT untuk menambah modal, melakukan pemasaran digital, melakukan penambahan pada produk agar menarik pelanggan serta juga menurunkan harga produk dan melakukan perdagangan secara keliling, hasil penelitian ini perlu dipahami oleh pelaku UMKM dan diharapkan para pelaku UMKM selalu menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan agar bisa terus bertahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 06:44 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 06:44 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6509 |
Actions (login required)
View Item |