Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Hadist Kelas VIII SMP TMI Raudlatul Qur’an Metro Tahun Pelajaran 2020/2021

Kurniadi, Dwi (2022) Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Hadist Kelas VIII SMP TMI Raudlatul Qur’an Metro Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI DWI KURNIADI - 1701010113 - PAI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Motivasi belajar merupakan sebuah kekuatan yang akan timbul dari dalam diri siswa dan juga dari luar diri siswa, hal ini akan mendorong para siswa untuk melakukan aktivitas belajar yang bertujuan agar terjadinya prilaku baik pada siswa yang mendapatkanya. Hal ini juga tidak mutlak berasal dari dalam diri siswa itu sendiri, melainkan berasal dari orang lain seperti halnya seorang guru.

Masalah demikian ini telah terjadi di SMP TMI Raudlatul Qur’an. Ada beberapa masalah yang mendasar bahwa proses pembelajaran yang dilakukan siswa dengan guru sudah baik, akan tetapi hasil belajar siswa pada sekolah SMP TMI Raudlatul Qur’an rendah.

Dari masalah diatas, maka diadakanya penelitian ini memiliki tujuan yaitu: untuk mengetahui seberapa penting dampak dari pemberian motivasi terhadap hasil belajar yang akan diperoleh oleh siswa pada mata pelajaran Hadist kelas 8 SMP TMI Raudlatul Qur’an.

Penelitian ini berbentuk kuantitatif dan bersifat korelasi, dengan menjelaskan bahwa dalam hal ini menggali apakah terdapat sebuah pengaruh dalam pemberian motivasi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP TMI Raudlatul Qur’an Metro.

Berdasarkan hasil hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima, Dengan demikian ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa pada vii mata pelajaran hadits kelas VIII TMI Raudlatul Qur’an Metro Tahun Pelajaran 2020/2021. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian ini, variabel x (pengaruh motivasi) dan y (hasil belajar mata pelajaran hadits) diuji korelasinya menggunakan rumus Pearson Product Moment dan diperoleh hasil rxy yaitu 0,7478. Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 36 responden. Selanjutnya yaitu menafsirkan besarnya koefisien korelasi dengan menggunakan rumus uji t, adapun harga ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 1,69092.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 01 Nov 2022 04:25
Last Modified: 01 Nov 2022 04:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6517

Actions (login required)

View Item View Item