Hasanah, Lailatul (2022) Puisi Al-Quds Karya Nizar Qabbani Analisis Psikologi Sastra. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSII LAILATUL HASANAH - 180301000 - BSA.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Kata kunci : Puisi Al Quds, Psikologi Sastra, Struktur Puisi.
Puisi “al quds” ini merupakan sebuah karya sastra penyair asal damaskus yaitu nizar qabbani. Yerusalem atau al quds biasa orang menyebutnya sebagai kota yang indah, bukan hanya dari segi bangunannya melainkan kota yang memiliki kedudukan inti dari tiga agama samawi, tiga simbol hidup damai dengan berdampingan. Puisi al quds secara keseluruhan yaitu menunjukkan keprihatinan serta kekecewaan seorang pengarang terhadap kehancuran kota palestina. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui psikologi sastra pengarang serta struktur puisinya.
Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif pada analisis psikologi. Sebuah metode penelitian yang menerangkan tentang analisis dengan memakai kata-kata sesuai objek yang dikaji disebut deskriptif kualitatif. Dan sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini yakni analisis Sigmund Freud. Teori psikologi sastra yang secara definitife bertujuan untuk memahami tentang aspek-aspek kejiwaan yang terdapat dalam puisi al quds karya nizar qabbani. Dan kemudian menganalisis struktur yang terdapat dalam puisi al quds karya nizar qabbani menggunakan teori Ferdinand de sausure.
Hasil dari penelitian ini yaitu penjelasan tentang psikologi sastra yang terkandung dalam puisi al quds karya nizar qabbani berupa id, ego, dan superego pengarang. dan penjelasan tentang struktur puisi al quds yaitu berupa tema, karakteristik, perasaan, dan imajinasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra Arab |
Divisions: | Fakultas Adab dan Dakwah > Bahasa dan Sastra Arab |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 18 Nov 2022 00:58 |
Last Modified: | 18 Nov 2022 00:58 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6540 |
Actions (login required)
View Item |