Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di SMPN 2 Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah

Oktaviana, Eka (2022) Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di SMPN 2 Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI EKA OKTAVIANA - 1701010207 - PAI.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Facebook hadir dengan membawa dampak positif dan dampak negatif terutama di kalangan mahasiswa dan pelajar dan dampak tersebut akan timbul ketika digunakan secara berlebih-lebihan. Penyalah gunaan media sosial juga kerap kali muncul media cetak yang didalamnya terdapat gambaran tentang kejadian-kejadian yang ironis dan sangat berbeda dengan tujuan utama dari media sosial. Dampak terburuk dari pengaruh Facebook yaitu semakin turun hasil belajar siswa di sekolah.

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk membuktikan hipotesis bahwa “ada pengaruh penggunaan media sosial facebook dan whatsapp terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas IX SMPN 2 Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah.” diterima (Ha) atau ditolak (Ho) dan untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar PAI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian berjumlah 440 siswa dan sampel berjumlah 30 dari siswa kelas IX, metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode angket dan dokumentasi untuk mengetahui data prestasi siswa dan sebagai metode pendukung.

Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan product moment untuk mengukur besarnya pengaruh penggunaan media sosial dan tingkat signifikansi antara variabel x dan y yang dikonsultasikan dengan r tabel yaitu dengan menggunakan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data menggunakan rumus product moment, diperoleh hasil r hitung dengan r tabel. Dari perhitungan tersebut diperoleh r hitung lebih besar dari r tabel. r hitung sebesar r = 0,602 sedangkan r tabel pada taraf signifikansi 5% sebesar0,361. Dengan demikian nilai r hitung lebih besar dari r tabel pada taraf signifikansi 5% (0,602 > 0,361). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media sosial facebook dan whatsapp terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas IX SMPN 2 Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah

Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media sosial facebook dan whatsapp terhadap prestasi belajar PAI di SMPN 2 Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah yaitu dengan kontribusi sebesar 36%. Hal ini menunjukkan bahwa media sosial facebook dan whatsapp berpengaruh terhadap prestasi belajar PAI

Kata kunci : Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 18 Nov 2022 00:59
Last Modified: 18 Nov 2022 00:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6552

Actions (login required)

View Item View Item