Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Digitalisasi Produk Bank Syariah Indonesia KC Metro Sudirman di Era Revolusi 4.0

Haqqiqi, Muhajir (2021) Digitalisasi Produk Bank Syariah Indonesia KC Metro Sudirman di Era Revolusi 4.0. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
1704100153-SKRIPSI MUHAJIR HAQQIQI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Digitalisasi adalah suatu proses inovasi teknologi yang menciptakan peralihan cara kerja sesuatu dari manual ke otomatis sehingga menjadi lebih mudah, cepat dan fleksibel. Digitalisasi produk perbankan syariah merupakan salah satu inovasi layanan dari bank dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah untuk memudahkan transaksi para nasabahnya. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Bank Syariah Indonesia KC Metro Sudirman dalam melakukan digitalisasi produk di era revolusi 4.0. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada manager operational, operational staff dan customer service di Bank Syariah Indonesia KC Metro Sudirman mengenai produk digitalisasi yang digunakan di era revolusi 4.0. Dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan literatur yang mendukung ketersediaan informasi tentang teknologi perbankan. Data-data yang diperoleh tersebut dianalisis dengan cara berfikir induktif yang berawal dari fakta-fakta yang khusus dan kongkrit kemudian ditarik secara generalisasi yang mempunyai sifat umum. Berdasarkan penelitian yang telah peneliti paparkan, maka dapat disimpulkan bahwa di era revolusi industri 4.0 ini Bank Syariah Indonesia KC Metro Sudirman telah meluncurkan produk yang dinamakan BSI mobile, produk tersebut berwujud sebuah aplikasi yang didalamnya dilengkapi fitur-fitur yang mempermudah nasabahnya dalam mengelola keuangan, baik melakukan pembayaran atau pembelian dan lain-lain. Dari beberapa fitur yang ada didalam aplikasi tersebut fitur yang paling banyak diminati atau yang paling unggulan adalah burekol (buka rekening online), karena fitur tersebut sangat mempermudah nasabah untuk melakukan pembukaan secara online sehingga proses nya mudan dan tidak banyak menyita waktu. Untuk aplikasi itu sendiri sudah cukup baik, dari segi fitur dan tampilan serta kemudahan aksesnya, aplikasi tersbeut juga sudah beberapa kali melakukan upgrade baik dari penambahan fitur dan perubahan tampilan, hal tersebut dilakukan agar para nasabah merasa nyaman dalam mengunakan aplikasi tersebut. Kata kunci : Digitalisasi Produk, Era Revolusi 4.0

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 04 Oct 2022 04:16
Last Modified: 04 Oct 2022 04:16
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6582

Actions (login required)

View Item View Item