Hasanudin, Ahmad Zaid (2020) Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Akhlak Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Ma’arif NU 5 Sekampung Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
SKRIPSI ahmad zaid.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Lingkungan sekolah merupakan lingkungan yang sangat berpengaruh dalam akhlak siswa, lingkungan sekolah yang baik adalah lingkungan sekolah yang mengarahkan siswanya kepada hal-hal yang mengarah kepada kebaikan. Hal ini harus menjadi perhatian yang lebih oleh pihak sekolah, karena tidak mungkin akan terwujud tanpa usaha keras yang dilakukan oleh warga sekolah. Baik kepala sekolah guru, maupun siswa itu sendiri. Jika lingkungan sekolah dikondisikan dengan baik maka akan mempengaruhi akhlak siswa menjadi baik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh lingkungan sekolah terhadap akhlak siswa kelas XI MA MA‟ARIF NU 5 Sekampung? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap akhlak siswa kelas XI di MA MA‟ARIF NU 5 Sekampung . Populasi dalam penelitian ini adalah 214 anak kelas XI dengan mengambil 30% dari populasi maka sampel penelitian sebanyak 64 responden.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner (angket) dan dokumentasi. Kuesioner (angket) sebagai metode pokok, dan metode dokumentasi sebagai metode pendukung. Hipotesis dalam penelitian ini adalah pengaruh lingkungan sekolah terhadap akhlak siswa kelas XI MA MA‟ARIF NU 5 Sekampung
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh lingkungan sekolah terhadap akhlak siswa kelas XI MA MA‟ARIF NU 5 Sekampung. Hasil ini terbukti dari hasil analisis data menggunakan korelasi Person Product Moment diperoleh rhitung 0,479 lebih besar dari rtabel dengan taraf signifikan 5% dengan harga 0,254. Kemudian diformulasikan sebagai berikut rxy>rtabel(5%) yaitu 0,479>0,254. Sehingga dalam penelitian ini hipotesis alternatif (Ha) diterima dengan arah pengaruh positif dan untuk mengetahui tingkat koefisien korelasi hubungan keduanya dimana nilai r sebesar 0,479 yang berada pada interval koefisien 0,40 – 0,599, maka pengaruh antara variabel x dengan variabel y tergolong dalam tingkat sedang.
Selanjutnya, dari hasil perhitungan koefisien determinasi, persepsi anak tentang pola asuh orang tua mempunyai kontribusi atau pengaruh sebesar 22,9% dalam mempengaruhi kepribadian anak. Kemudian 77,1% dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor dalam diri maupun luar diri yang meliputi lingkungan keluarga, dan lain-lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 10 Oct 2022 03:47 |
Last Modified: | 10 Oct 2022 03:47 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6614 |
Actions (login required)
View Item |