Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Metode Drill Terhadap Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VIII MTs Fatkhul Ulum Srimulyo

Sari, Reni Kurnia (2022) Pengaruh Penggunaan Metode Drill Terhadap Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VIII MTs Fatkhul Ulum Srimulyo. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
Skripsi Reni Kurnia Sari PBA - Reni Kurnia sari.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Tingkat kemampuan bahasa seseorang dapat dipengaruhi oleh penguasaan kosakatanya. Oleh karenanya kosakata merupakan unsur komponen bahasa yang sangat penting yang harus dimiliki dalam pembelajaran bahasa Arab.Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di MTs Fatkhul Ulum Srimulyo. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode Drill. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh penggunaan metode drill terhadap penguasaan mufradat/kosakata dalam pembelajaran bahasa Arab . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode drill terhadap penguasaan mufradat/kosakata dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Fatkhul Ulum Srimulyo. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan pendekatan yaitu eksperimen semu atau Quasi Eksperimental. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes (Pretest dan Postest). Alat pengumpul data berupa soal esai. Teknik analisis data berupa kuantitatif. Data yang diperoleh dari penelitian dianalisis menggunakan SPSS 1.6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode drill dapat memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap penguasaan mufradat/kosakata dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Fatkhul Ulum Srimulyo. Analisis data awal menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Uji hipotesis menggunakan Anava Satu Jalur ( uji oneway anava). Hasil analisis data hasil belajar menggunakan software SPSS 1.6 diperoleh data nilai Sig >0,05 data memiliki varians yang sama, nilai rhitung sebesar 1. 515 dan nilai signifikansi sebesar 0,023. Karena P Value (sig) = 0,023 < 0,05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dalam penggunaan metode drill terhadap penguasaan mufradat/kosakata dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa Kata Kunci : Metode Drill, Penguasaan Mufradat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 17 Oct 2022 08:56
Last Modified: 17 Oct 2022 08:56
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6663

Actions (login required)

View Item View Item