Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Persepsi Kecerdasan Emosional Pendidik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran PAI SMP Negeri 3 Batanghari Nuban

Wardani, Marta Kusuma (2022) Pengaruh Persepsi Kecerdasan Emosional Pendidik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran PAI SMP Negeri 3 Batanghari Nuban. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
Skripsi_Marta Wardani1501010077 - Marta Kusuma.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang terpenting dalam perkembangan suatau bangsa terutama di era globalisasi yang serba canggih ini. Sebagai negara yang sedang berkembang, indonesia sangat membutuhkan generasi-generasi yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan tinggi yang mampu bersaing dengan dunia luar yang semakin hari semakin maju untuk membuat ciptaan-ciptaan yang lebih bagus lagi untuk memajukan bangsa ini. Oleh karena itu pendidik hendaknya memeliki kecerdasaan emosional yang baik. Hasil belajar merupakan tujuan akhir dalam sebuah pembelajaran yang dimana dapat menentukan pesrta didik tersebut gagal atau tidaknya dalam sebuah pencapaian hasil belajar, sehingga apabila peserta didik tersebut gagal dalam pencapaian hasil belajarnya maka peserta didik tersebut wajib mengikuti pelaksanaan layanan remedial atau pengulangan pembelajaran yang bertujuan agar dapat meraih hasil pembelajaran yang maksimal yang juga memerlukan waktu yang lebih lama dalam pengulangan pembelajaran ini.

Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode angket langsung, observasi dan dokumentasi. Populasi yang penulis ambil adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari Nuban sebanyak 23 siswa, dari 23 siswa yang dijadikan populasi, maka dengan ini penelitian ini merupakan penelitian populasi.

Berdasarkan hasil pengujian, di peroleh harga chi kuadrat (x2 hitung) sebesar 14.584. Kemudian harga x2 hitung ini dibandingkan dengan harga x2 tabel sebesar 9,488. Ternyata harga x2 hitung lebih besar dari x2 tabel. Dengan demikian hipotesis (Ha) yang penulis ajukan diterima, yang berarti ada pengaruh antara Persepsi Kecerdasan Emosional Pendidik terhadap hasil belajar peserta didik. Sedangkan untuk menguji seberapa besar pengaruhnya, penulis menggunakan Koefisien Kontingensi (C). Dari pengujian C, diperoleh harga Chitung = 0,622 kemudian dibandingkan dengan Cmaks = 0,816. Karena harga Chitung mendekati harga Cmaks , maka dapat dikatakan ada pengaruh yang cukup erat antara variabel X terhadap variabel Y. Berdasarkan pengujian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang cukup erat antara Persepsi Kecerdasan Emosional Pendidik terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran PAI SMP Negeri 3 Batanghari Nuban.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 27 Oct 2022 07:16
Last Modified: 27 Oct 2022 07:16
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6727

Actions (login required)

View Item View Item