Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubungan keterampilan mengajar guru pendidikan agama islam terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP IT Insan Mulya Batanghari Lampung Timur

Saputra, Ari (2019) Hubungan keterampilan mengajar guru pendidikan agama islam terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP IT Insan Mulya Batanghari Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 059.FTIK.2019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keterampilan dalam mengajar penting sebagai stimulus informasi, sikap, juga meningkatkan keserasian dalam penerimaan informasi dalam hal tertentu. Keterampilan pendidik dalam mengajar juga berfungsi untuk mengukur langkahlangkah kemajuan serta memberikan umpan balik dan dapat membantu pendidik itu sendiri dalam mengatasi permasalahan-permasalahan atau kendala-kendala yang muncul pada waktu penyampaian materi pembelajaran sehingga materi pembelajaran yang akan disampaikan pendidik dapat dipahami oleh peserta didik.

Hasil belajar merupakan suatu hasil yang diperoleh dari proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh pengajar untuk melakukan suatu perubahan yang ada dalam diri siswa dimana hasil ini kemudian ditandai dengan skala nilai berupa huruf atau simbol. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada hubungan Keterampilan Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP IT Insan Mulya Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018”.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa hubungan Keterampilan Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP IT Insan Mulya Batanghari Lampung Timur. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian kuantitatif dengan populasi sebanyak 48 siswa dan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII A yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan korelasi product momenthasil yang diperoleh adalah rxy sebesar 0,705 ≥ rtabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 0,388. Jadi rxy 0.705>0,388 sehingga hipotesis nol (Ho) dalam penelitian ini ditolak. Dan hipotesis alternatif Ha diterima. Dengan demikian hal ini menunjukkan ada hubungan yang erat antara keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP IT Insan Mulya Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 24 Sep 2019 08:19
Last Modified: 24 Sep 2019 08:19
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/68

Actions (login required)

View Item View Item