Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Strategi Round Table Terhadap Kemampuan Membaca Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Pubian Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022 M

Anggraini, Hesti (2021) Pengaruh Penggunaan Strategi Round Table Terhadap Kemampuan Membaca Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Pubian Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022 M. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI HESTI ANGGRAINI - Hesti Anggraini.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Membaca merupakan peran utama dalam kehidupan sehari-hari berfungsi sebagai media bahasa, komunikasi atau interaksi serta dapat memperluas pemahaman pemikiran. Dengan membaca dapat membantu mengembangkan keterampilan bahasa sebagaimana membaca penting untuk peningkatan kepribadian individu serta masyarakat. Dari hasil penelitian di MTs Muhammadiyah 2 Pubian Lampung Tengah terdapat beberapa siswa yang belum mampu membaca bahasa arab dengan fashih dan belum mampu memahami bacaan dengan baik. Hal ini disebabkan metode yang diterapkan oleh guru menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi Round Table terhadap kemampuan membaca bahasa arab pada siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Pubian Lampung Tengah tahun pelajaran 2021/2022 M.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen serta sifatnya berhubungan antara variabel pada siswa kelas VIII MTs muhammadiyah 2 Pubian. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu berjumlah 36 siswa. Serta sampel yang diambil dalam penelitian ini pada siswa kelas VIII. A. Dimana tekhnik pengambilan pada data sampel tersebut menggunakan tekhnik cluster sampling ( berkelompok). Dan instrumen penelitian ini menggunakan tes.

Dan hasil analisis data yang diperoleh dari penelitian ini pada pre-test dengan rata-rata 63,38 dengan persentase 27,78%. Dapat dinyatakan bahwa hasil pre-test tidak memuaskan. Sementara rata-rata post test 71,11 dengan hasil post test adalah 50% yaitu siswa yang mampu memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Adapun hasil dari analisa data menggunakan rumus t-test menunjukkan bahwa t_hitung = 7,677 lebih tinggi dibandingkan dari t_tabel 2,110 dengan taraf signifikan 5% dan 2,898 dengan taraf signifikan 1%. Dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan strategi Round Table terhadap kemampuan membaca bahasa arab pada siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Pubian Lampung Tengah. Kesimpulan bahwa strategi Round Table merupakan salah satu strategi yang dapat digunakan dalam pembelajaran membaca bahasa arab.

Kata Kunci: Kemampuan Membaca Bahasa Arab, Strategi Round Table

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:38
Last Modified: 04 Nov 2022 02:38
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6839

Actions (login required)

View Item View Item