Purnamasari, Tutut (2022) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Bacaan Puisi di SDN 4 Mesuji Timur. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
TUTUT PURNAMASARI-1 - Tutut Purnamasari.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatatbelakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi di SDN 4 Mesuji Timur khususnya pada kelas VIC. Berdasarkan permasalahan dari hasil penelitian pra-survey yang didapat yaitu kemampuan peserta didik dalam memahami bacaan puisi masih rendah. Oleh karena itu siswa kurang merasa tertarik dalam memahami bacaan puisi, selain itu siswa juga mengalami kendala dalam mengekspresikan isi puisi pada proses membaca puisi di depan kelas, hal itu dikarenakan siswa cenderung merasa malu dan tidak percaya diri dalam membacakan isi puisi. Selain itu dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan motode ceramah dan Tanya jawab. Sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi memahami bacaan puisi Tema 6 Subtema 1. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa di SDN 4 Mesuji Timur pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi memahami bacaan puisi dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Dimana guru sebagai praktisi atau pelaksanaan dan peneliti sebagai observer. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan tiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan yang terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi memahami bacaan puisi di SDN 4 Mesuji Timur Tahun Pembelajaran 2021/2022, hal ini dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa yang mencapai KKM 65 pada siklus I presentase ketuntasan hasil belajar mencapai 55% dan meningkat sebanyak 35% pada siklus II sehingga presentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 90%. Berdasarkan hal tersebut maka siswa di akhir siklus yang ditetapkan oleh peneliti mencapai tingkat ketuntasan yaitu 85%.
Kata kunci :Model pembelajaran Cooperative Script, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 28 Dec 2022 00:49 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 00:49 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7050 |
Actions (login required)
View Item |