Ratnasari, Komala Dewi (2022) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Video Interaktif dalam Pembelajaran Tematik Kelas III SD Negeri 4 Metro Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI_Komala Dewi Ratnasari 1801051036 PGMI (1) - Komala Dewi Ratnasari.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik diakibatkan dengan kurangnya guru memanfaatkan dan menggunakan media yang membuat siswa kurang memperhatikan uraian guru karena proses pembelajaran yang monoton. Siswa juga kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya ketercapaian kriteria ketuntasan minimum (KKM). Masalah tersebut ditunjukan dengan data awal dari 28 siswa, terdapat 20 siswa yang belum tuntas dengan persentase 71.43%. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut yaitu guru harus memanfaatkan media yang ada dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru perlu menggunakan media pembelajaran yang menarik, seperti video interaktif agar menambah minat siswa dan membuat siswa lebih mudah memahami materi dalam pembelajaran karena dikemas secara menarik. Video interaktif dalam kegiatan belajar mengajar ini bersifat fleksibel dalam artian siswa dapat menontonya kapan saja dan dimana saja. Siswa juga dapat memutar kembali video ketika dirasa belum paham.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas III di SD Negeri 4 Metro Timur dengan menggunakan Video Interaktif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 4 Metro Timur, sedangkan objek penelitian adalah menggunakan Video Interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini berupa lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa menggunakan Video Interaktif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Pada siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 73.54% dan pada siklus II meningkat menjadi 80.75%. Pada siklus I hasil belajar siswa sebesar 60.71% dengan predikat cukup dan pada siklus II menjadi 78.57% dengan predikat baik atau mengalami peningkatan 17.86%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan video interaktif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 4 Metro Timur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 02:38 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 02:38 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7160 |
Actions (login required)
View Item |