Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Problematika Pembelajaran Nahwu Pada Siswi Kelas XI Madrasah Aliyah Diniyyah Putri Gedong Tataan Tahun Ajaran 2021/2022

Setiawan, Muhammad Ari (2022) Problematika Pembelajaran Nahwu Pada Siswi Kelas XI Madrasah Aliyah Diniyyah Putri Gedong Tataan Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI MUHAMMAD ARI - Richo Fernando.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Problematika adalah masalah yang terjadi pada saat seseorang mencapai tujuan dan dalam pelaksanaannya menemui kesukaran. Dalam pembelajaran bahasa problematika dibagi menjadi dua, yaitu problematika lingustik dan problematika non lingustik. Dalam penelitian ini peneliti menemukan beberapa fenomena yang ada pada pembelajaran nahwu pada siswi kelas XI Madrasah Aliyah Diniyyah Putri Gedong Tatan tahun ajaran 2021/2022 diantaranya adalah Siswi belum bisa menyusun kalimat Bahasa Arab dengan benar, siswi belum mengerti kedudukan sebuah kalimat dalam sebuah paragraf adapun tujuan dengan adanya penelitian ini harapannya kita dapat mengetahui masalah – masalah yang ada pada pembelajaran nahwu pada siswi kelas XI madrasah Aliyah Diniyyah Putri Gedong Tatan 2021/2022 sebagai bentuk evaluasi pembelajaran. Skripsi ini mengkaji tentang problematika pembelajaran nahwu Siswa Kelas Sebelas Madrasah Aliyah Diniyyah Putri Gedong Tataan. Melihat dalam suatu proses belajar mengajar tentunya tidak lepas dari suatu masalah atau problem yang ditemui dalam proses belajar mengajar sering kali ditemui dan banyak macamnya. Mulai dari permasalahan murid ataupun dari gurunya tersendiri Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian deskriptif kualitatif serta penyajian analisis data non statistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi analisis sebelum lapangan dan analisis setelah di lapangan yaitu Reduksi data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), dan Verifikasi (Clonclution Drawing). Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, penulis berkesimpulan bahwasannya problematika yang terjadi di Kelas Sebelas Madrasah Aliyah Diniyyah Putri Gedong Tataan dibagi menjadi dua pokok problematika. Yang pertama adalah problematika linguistik meliputi kelemahan siswa dalam penguasaan materi nahwu dan kelemahan dalam mengaplikasikannya. Sedangkan yang kedua adalah problematika non linguistik yang terbagi kedalam dua bagian, yaitu problematika internal dan problematika eksternal. Problematika internal meliputi tidak adanya motivasi siswa dalam mempelajari ilmu nahwu, kurang aktifnya siswa ketika mengikuti pembelajaran dikelas, dan tidak adanya kemauan siswa untuk menguasai ilmu nahwu. Sedangkan problematika eksternal meliputi metode dan strategi yang kurang mendukung siswa dalam pembelajaran.

Kata kunci: Problematika, Nahwu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:20
Last Modified: 02 Feb 2023 07:20
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7189

Actions (login required)

View Item View Item