Alfiah, Umy (2021) Pengaruh Strategi Pembelajaran Ekspositori Mata Pelajaran Akidah Akhlak Secara Daring Terhadap Akhlak Siswa Kelas VII di MTS Negeri 1 Lampung Timur Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Umy Alfiah-1801012022 - Umy Alfiah.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Akhlak siswa merupakan segala sesuatu yang terdapat pada seseorang baik berupa ucapan maupun tingkah laku dan sesuatu itu merupakan bagian pada diri seseorang yang dilakukan berulang kali sehingga menjadi kebiasaan tanpa adanya paksaan, seperti tingkah laku, berbuatan, sopan santu dan budi pekerti. Sedangkan dalam membentuk akhlak siswa dalam pendidikan dipengaruhi oleh strategi pembelajaran, hal ini dilakukan agar dapat menciptakan suasana dalam pembelajaran menjadi efektif dan efisien sehingga hasil yang dicapai sesuai dengan yang sudah direncanakan.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh strategi pembelajaran ekspositori mata pelajaran akidah akhlak secara daring terhadap akhlak siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Lampung Timur, dan untuk populasi dalam penelitian ini sebanyak 325 siswa dengan sampel 32 siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran ekspositori mata pelajaran akidah akhlak secara daring terhadap akhlak siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Lampung Timur. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pengumpulan data kuesioner (angket), dokumentasi dan wawancara. Adapun kuesioner (angket) di tujukan kepada siswa untuk mencari data tentang akhlak siswa, dokumentasi dan wawancara yang bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai akhlak siswa pada mata pelajaran akidah akhlak, sejarah singkat berdirinya sekolah, visi misi dan tujuan, denah lokasi sekolah, sarana dan prasarana, struktur organisasi, data guru dan karyawan serta jumlah siswa kelas VII MTs N 1 Lampung Timur.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran ekspositori mata pelajaran akidah akhlak secara daring terhadap akhlak siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Lampung Timur hal ini terbukti dari hasil pengajuan hipotesis menggunakan rumus Chi Kuadrat diperoleh harga signifikan 5% dengan harga 9,488. Sehingga dalam penelitian ini hipotesis alternatif (Ha) diterima dan (Ho) ditolak, dengan tingkat pengaruh sangat kuat.
Adapun dari hasil perhitungan koefisien determinasinya bahwa pengaruh strategi pembelajaran ekspositori mata pelajaran akidah akhlak secara daring 64,50% dalam mempengaruhi akhlak siswa kelas VII diMTs N 1 Lampung Timur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 06 Feb 2023 06:44 |
Last Modified: | 06 Feb 2023 06:44 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7200 |
Actions (login required)
View Item |