Hernawati, . (2022) Analisis Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Kelas VII SMP TMI Roudlatul Qur’an Metro Lampung Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI HERNAWATI NPM. 1801022003 - PBA.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Kajian ini meneliti tentang kemampuan siswa membaca teks bacaan berbahasa arab dengan subyek siswa kelas VII SMP TMI Roudlatul Qur’an Metro Lampung. Alasan Fokus dan Subyek kajian ini adalah bahasa arab adalah bahasa asing yang wajib dikuasai sebagai bahasa agama, ilmu pengetahuan, informasi dan komunikasi, melihat input siswa yang berbeda atau beragam latar belakang sehingga kemampuan membaca dan memahami bahasa arab mereka berbeda, dan melihat fakta bahwa SMP TMI Roudlatul Qur’an Metro Lampung adalah salah satu pondok terbesar dilampung dan dianggap sangat baik karena mutu pengajarannya, maka peneliti ingin meneliti khusus bagaimana kemampuan membaca teks bahasa arab siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca teks bahasa arab siswa yang terdiri kemampuan melafalkan dan memahami isi teks bacaan.
Dalam penelitian ini peneliti menggunkaan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif yaitu prosedur ilmiah untuk menghasilkan pengetahuan tentang realitas sosial dan dilakukan dengan sadar dan terkendali, Sebagai sebuah kegiatan ilmiah. Penelitian kualitatif sangat peduli dengan persoalan cara data dianalisis, sehingga hasilnya dapat dipertanggung jawabkan oleh sebab itu, penelitian yang menggunakan metode penelitian kualitatif mestilah memberikan perhatian yang serius terhadap analisis datanya.
Data yang yang berhubungan dengan masalah tersebut dikumpulkan melalui teknik pengumpulan data wawancara, tes, observasi dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti kemukakan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa peserta didik sudah sangat baik dalam membaca teks bahasa arab tingkat kelas VII ditambah mereka membaca dengan penuh semangat dan suara jelas lantang walaupun ada 2/3 siswa perkelas yang mereka masih malu untuk membaca dengan suara lantang dihadapan teman-temannya dikarenakan mereka merasa pelafalan kosa kata yang ada didalam teks belum lancar. Kendati seperti itu hampir keseluruhan siswa sudah dapat membaca teks bahasa arab sudah sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 15 Mar 2023 02:16 |
Last Modified: | 15 Mar 2023 02:16 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7246 |
Actions (login required)
View Item |