Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Metode Imla’ Terhadap Kemampuan Menulis Bahasa Arab Santri Pondok Pesantren Darul A’mal Metro Tahun Ajaran 2022/2023

Tiara, Roman (2022) Pengaruh Penggunaan Metode Imla’ Terhadap Kemampuan Menulis Bahasa Arab Santri Pondok Pesantren Darul A’mal Metro Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Roman Tiara -1801021022 - PBA.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang berkaitan dengan keterampilan menulis bahasa Arab santri pondok pesantren Darul A’mal metro yaitu, santri kurang mampu menulis huruf Arab, belum mampu dalam menyusun suatu kalimat, minimnya pengetahuan bahasa Arab dikalangan santri itu sendiri, hal ini disebabkan karena kebanyakan dari mereka berasal dari Sekolah Dasar (SD) yang belum pernah mengenal bahasa Arab sama sekali dan belum pernah mempelajarinya. Ada juga sebagian yang berasal dari Madrasah Ibtidaiyyah (MI) namun, belum semua mampu untuk menuliskan kosa kata bahasa Arab ataupun kalimat bahasa Arab dengan benar, sehingga nilai siswa sangat rendah. Hal itu dikarenakan dalam proses pembelajaran guru menggunakan metode ceramah, belum menggunakan metode yang bervariasi sehingga dapat menyebabkan siswa merasa bosan. Oleh karena itu, disini peneliti mencoba menawarkan sebuah metode yaitu, metode imla’ yang diharapkan untuk dapat membantu mempermudah proses pembelajaran dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dibidang menulis, dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode imla’ terhadap kemampuan menulis Bahasa Arab santri pondok pesantren Darul A’mal Metro tahun ajaran 2022/2023.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperiment. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis test yaitu, pre-test dan post-test dan penulis dalam pengumpulan data menggunakan metode test, observasi dan dokumentasi.

Dari hasil analisis data, hal ini terlihat adanya pengaruh Penggunaan Metode Imla’ Terhadap Kemampuan Menulis Bahasa arab Santri Pondok Pesantren Darul A’mal Metro dimana dengan menggunakan rumus Uji-T, dengan hasil penghitungan thitung sebesar (6,948), setelah dikonsultasikan dengan ttabel (1,706) dan ternyata thitung > ttabel yang berarti ada pengaruh yang cukup kuat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:13
Last Modified: 15 Mar 2023 02:13
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7257

Actions (login required)

View Item View Item