Mubaidilah, Ahmad (2022) Problematika Pembelajaran Keterampilan berbicara dan Dampaknya terhadap hasil belajar Siswa di MTs. Bustanul Ulum Jayasakti. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
AHMAD MUBAIDILAH_PBA_20_NPM. 2071030001_PDF - Ahmad Mubaidilah.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Tesis ini membahas tentang problematika pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa, dimana penulis berusaha menjawab dari sebuah pertanyaan penelitian yaitu apa problematika pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab di MTs. Bustanul Ulum Jayasakti ? dan apa. dampak dari problematika pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa di MTs. Bustanul Ulum Jayasakti ?. Sub pokok permasalahannya adalah problematika yang muncul dalam proses pembelajaran keterampilan berbicara serta dampak problemtaika tersebut terhadap hasil belajar siswa serta upaya yang dilakukan oleh guru bahasa Arab dalam mengatasi problematika keterampilan berbicara bahasa Arab di MTs. Bustanul Ulum Jayasakti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika dalam proses pembelajaran keterampilan berbicara dan dampak problematika tersebut terhadap hasil belajar siswa serta upaya mengatasi problematika tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus tentang Problematika Pembelajaran Keterampilan Berbicara dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Siswa di MTs. Bustanul Ulum Jayasakti. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data bersifat model interaktif yaitu mengumpulkan data, mereduksi data (penyeleksian), penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Problematika pembelajaran keterampilan berbicara dalam bahasa Arab di MTs. Bustanul Ulum Jayasakti dapat dikelompokkan atas dua aspek, yaitu aspek linguistik dan aspek non linguistik. Aspek Lingustik sendiri bahasa meliputi, masalah Fonologi, Morfologi, Sintaksis dan Semantik. Adapun selain dari pada masalah Linguistik problem siswa tentang berbicara bahasa arab dihadapkan juga dengan masalah non-linguistik yakni meliputi 2 faktor, pertama Faktor internal seperti, kecerdasan, bakat, minat, perhatian, motivasi dan gangguan psikis siswa. yang kedua adalah faktor Ekternal, permasalahan non linguistk yang termasuk faktor ekternal diantaranya adalah, faktor latar belakang keluarga, waktu, metode, kompetensi guru, lingkungan bahasa dan fasilitas. Adapun dampak problematika pembelajaran keterampilan berbahasa terhadap Hasil Belajar siswa terhadap pemahaman dalam pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara, terbagi menjadi 3 ranah yaitu dalam dampak kognitif, afektif dan psikomotorik. upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi problematika tersebut diantaranya yaitu pembiasaan diri bagi siswa untuk senantiasa berbicara bahasa arab, guru berupaya menumbhukan motivasi bagi siswa untuk cinta terhadap bahasa arab serta sekolah berusaha menciptakan lingkungan bahasa yang maksimal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 08 May 2023 02:27 |
Last Modified: | 08 May 2023 02:27 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7522 |
Actions (login required)
View Item |