Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SDN 1 Adiwarno

Setiyana, Kiki (2023) Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SDN 1 Adiwarno. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
KIKI SETIYANA-1901031033 - Kiki Setiyana.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan masih rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Adiwarno. Hal ini dikarenakan oleh banyak faktor, yaitu kurang optimalnya antusiasme peserta didik dalam proses pembelajaran, pembelajaran yang masih berpusat pada guru, dan kurangnya keberanian peserta didik dalam mengemukakan pendapat. Pada aspek pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru selama ini adalah menggunakan pendekatan saintifik sesuai
dengan kurikulum 2013 yang berlaku. Namun demikian, pendekatan saintifik yang sudah diterapkan belum maksimal.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan desain Pre-Experimental The One Group Pretest Postest.q. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap peningkatan hasil belajar tematik. Hasil belajar tematik kelas V SDN 1 Adiwarno pada ranah kognitif memperoleh N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,4418 yang termasuk kategori tinggi. Peroleh nilai thitung Posttest adalah 1.628. Bila dibandingkan dengan tabel pada taraf kepercayaan 95% yang menunjukkan angka 1.164, maka dapat dilihat bahwa hasil thitung Posttest lebih besar dibandingkan tabel, yaitu (thitung) 1.628 > 0,05 (ttabel). Berdasarkan kriteria pengujian yang telah ditetapkan yaitu: thitung < ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima pendekatan pembelajaran tematik , dapat dinyatakan bahwa didalam penelitian ini diterima,
yaitu terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V Sdn 1 adiwarno.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 30 May 2023 08:47
Last Modified: 30 May 2023 08:47
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7587

Actions (login required)

View Item View Item