Maisaroh, Dewi (2023) Pengembangan Genetic Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran Biologi Untuk Siswa Kelas XII MAS Roudlotul Huda. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Dewi Maisaroh - 1901082003 - T. BIOLOGI.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi pada permasalahan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi genetik dalam mata pelajaran biologi. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajar adalah buku cetak milik guru dan LKS. Selain itu, siswa juga dilarang membawa dan menggunakan handphone saat sekolah. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menghasilkan media pembelajaran pop-up book bagi siswa kelas XII MAS Roudlotul Huda pada materi Genetik. Untuk mengetahui kelayakan produk media pembelajaran pop-up book yang telah dikembangkan. Untuk mengetahui respon siswa dan guru terhadap media pembealajaran yang telah dikembangkan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap, yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif deskriptif dan analisis kuantitatif deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan Media pembelajaran pop up book materi genetik didesain menggunakan aplikasi Corel draw X7. Media pembelajaran ini berukuran A4 landscape. Materi dan gambar yang telah terkumpul dari berbagai referensi kemudian didesain menggunakan Corel draw X7 kemudian dicetak menngunakan bahan yang telah ditentukan. Materi dan gambar yang telah selesai dicetak kemudian disusun dan dibentuk dengan cara melipat menjadi bentuk tiga dimensi kemudian menempelkan disetiap halaman hingga tersusun menjadi sebuah buku yang menarik. Hasil validasi terhadap media pembelajaran pop up book materi genetik, berdasarkan ahli materi memperoleh nilai presentase rata rata sebesar 81,67% dan dikategorikan sangat baik, ahli media memperoleh nilai presentase rata-rata 79,67% dan dikategorikan ―baik‖. Hasil uji coba yang telah dilakukan di MAS Roudlotul Huda, beradasrkan hasil respon guru memperoleh nilai presentase 96% dan masuk kedalam kategorikan ―sangat baik‖, sedangkan hasil respon siswa memperoleh nilai presentase 92,16% dan masuk kedalam kategori ―sangat baik‖.
Kata Kunci: Genetik, Pop Up Book, Media Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 09:59 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 09:59 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7608 |
Actions (login required)
View Item |