Febriati, Anggita (2023) Penggunaan Metode Inkuiri Terbimbing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas 4 SDN 1 Gunung Agung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI ANGGITA FEBRIATI - 1901032003 - PGMI.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar dapat disebabkan oleh beberapa masalah yang sering muncul dari kegiatan pembelajaran di kelas. Rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPA ditandai dengan tidak tuntasnya nilai pre-test dibawah KKM yaitu 72% atau 18 dari 25 siswa yang belum tuntas. Metode pembelajaran yang kurang dikembangkan oleh guru dan hanya sebatas buku cetak saja, hal ini juga mengakibatkan kurang semangatnya atau partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran dan kebanyakan siswa cenderung pasif dan hanya sebagaian kecil siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan identifikasi masalah diatas maka dalam penelitian ini dapat dirumuskan masalahnya sebagai berikut “Apakah Penerapan Metode Inkuiti Terbimbing Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA kelas IV SDN 1 Gunung Agung”.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing. peneliti bertindak sebagai guru dan mitra kolaborasi sebagai observer yaitu guru kelas (tematik). Pembelajaran di lakukan dengan 2 siklus selama 6 kali pertemuan setiap siklus memiliki tahapan yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaaan tindakan, observasi (pengamatan) dan refleksi. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi untuk mengamati aktivitas belajar siswa, observasi aktivitas guru, tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan dokumentasi.
Hasil belajar siswa pada siklus I meningkat yaitu sebanyak 7 siswa memenuhi KKM dengan nilai tertinggi 90, tes di lanjutkan kembali pada siklus II dengan sedikit perbaikan di dapat kembali hasil belajar siswa pada siklus II meningkat, sebanyak 20 siswa memenuhi KKM dengan nilai tertinggi 70. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dipaparkan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Penggunakaan metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kela IV. Dengan nilai ketuntasan pada siklus I sebesar 53% dan pada siklus II sebesar 86% jadi dari keseluruhan siklus I ke siklus II hasil belajar siswa meingkat 53%.
Kata Kunci: IPA, Metode Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 09:58 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 09:58 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7618 |
Actions (login required)
View Item |