Latifah, Maratul (2023) Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Darul Ishlah Tulang Bawang. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI MARATUL LATIFAH - 1801012016 - PAI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Hasil belajar merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran tertentu. Agar pembelajaran dapat berjalan dengan lebih efektif, maka guru memerlukan sebuah strategi pembelajaran yang tepat sehingga dapat mendukung proses pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Terdapat Pengaruh yang Signifikan Penggunaan Strategi Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMP Darul Ishlah Tulang Bawang?”.
Kemudian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMP Darul Ishlah Tulang Bawang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Darul Ishlah Tulang Bawang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Example Non Example, jenis observasi yang digunakan adalah observasi partisipasi pasif. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa, jenis tes yang digunakan yaitu tes objektif berupa pilihan ganda dengan jawaban alternative (a,b,c,d). Dokumentasi digunakan untuk mengetahui data SMP Darul Ishlah. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan rumus uji independent sample test.
Hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMP Darul Ishlah Tulang Bawang.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata posttest kelompok pembanding. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji independent sample test menunjukkan bahwa diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP Darul Ishlah Tulang Bawang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 00:29 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 00:29 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7658 |
Actions (login required)
View Item |