Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di SDN 01 Karya Makmur

Sari, Rosita (2023) Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di SDN 01 Karya Makmur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ROSITA SARI - 1801081030 - T. IPS.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan data hasil prasurvey, ditemukan beberapa permasalahan terkait kemandirian belajar dan hasil belajar siswa di kelas V SDN 01 Karya Makmur yang berjumlah 21 siswa, seperti kurangnya inisiatif belajar siswa dalam mengatasi hambatan atau masalah. Kurangnya rasa percaya diri seperti siswa tidak percaya diri terhadap hasil jawaban sehingga mencontek jawaban temannya. Kurang bertanggung jawab dalam mengumpulkan tugas-tugas yang di berikan oleh guru sehingga ada 6 siswa yang masih belum mengumpulkan pekerjaan rumah. Kemudian, kurangnya disiplin siswa dalam melakukan proses pembelajarannya siswa selalu menyepelekan jam kelas apabila saat istirahat telah selesai masih banyak siswa yang bersantai-santai untuk memasuki kelas. Serta masih rendahnya nilai semester ganjil yang diperoleh siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat asosiatif (mengukur tingkat hubungan antara variabel x dan y). Sampel dalam penelitian ini menggunakan jenis sampel populasi (21 siswa). Sedangkan penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah pearson product moment, yang berfungsi untuk mengukur tingkat korelasi antara kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar IPS siswa.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V di SDN 01 Karya Makmur. Hal ini terbukti dari hasil analisis data menggunakan rumus regresi linear sederhana memperoleh hasil rhitung = 0,638. Pengujian hipotesis dengan menafsirkan besarnya koefisien korelasi yaitu thitung lebih besar dari ttabel. Dengan nilai ttabel 21 sampel penelitian pada taraf signifikan 5% yaitu 1,7207. Jika dibandingkan 3,616 > 1,7207 atau (thitung > ttabel), maka hasil tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi, kemandirian belajar siswa mempunyai kontribusi atau pengaruh sebesar 40,8% terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V di SDN 01 Karya Makmur yang berarti semakin besar kemandirian belajar siswa maka semakin besar juga nilai hasil belajar yang akan diperoleh begitupun sebaliknya.

Hasil data penelitian kemandirian belajar siswa yang dominan dan perlu diperbaiki tentang keterlambatan siswa ketika berangkat sekolah dan mengumpul tugas. Semakin sering siswa terlambat maka semakin sering tertinggal materi pembelajaran dan akan berpengaruh terhadap hasil belajar yang diperoleh.

Kata Kunci : Kemandirian Belajar Siswa, Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 10 Jun 2023 03:01
Last Modified: 10 Jun 2023 03:01
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7689

Actions (login required)

View Item View Item