Astuti, Rini (2023) Aktifitas Kreatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Metro Lampung TP 2022/2023. Masters thesis, IAIN Metro.
PDF
TESIS Rini Astuti - 2071030008 - PBA.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Aktifitas bahasa merupakan bagian dari lingkungan bahasa yang berperan sebagai sarana pengajaran bahasa Arab. Lingkungan bahasa memiliki peran penting dalam pemerolehan bahasa melalui kegiatan kebahasaan. Tujuan dari kegiatan bahasa kreatif adalah untuk mengembangkan pengajaran bahasa Arab yang fleksibel dan tidak fokus pada materi dan menghafal tata bahasa. Program Aktifitas bahasa kreatif merupakan solusi bagi lembaga pendidikan yang menghadapi kesulitan dalam membuat siswa mencapai empat keterampilan berbahasa dan memotivasi siswa untuk berpikir yang luwes, lancar dan inovatif. Peneliti ingin membahas penelitian ini dengan judul “Aktifitas Kreatif dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 1 Metro”
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis Aktifitas Kreatif dalam pembelajaran bahasa Arab di Asrama Madrasah Aliyah Negeri 1 Metro, mengetahui peran Aktifitas Kreatif dalam pembelajaran bahasa Arab di Asrama Madrasah Aliyah Negeri 1 Metro dan melihat pengaruh Aktifitas Kreatif dalam pembelajaran bahasa Arab di Asrama Madrasah Aliyah Negeri 1 Metro Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif, karena data yang dikumpulkan oleh peneliti terdiri dari kata-kata, gambar dan data lainnya yang mendukung penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di asrama Madrasah Aliyah Negeri 1 Metro, ketua asrama, dan pengasuh. Sedangkan sampel penelitian ini adalah beberapa siswa, ketua asrama dan pengasuh bagian kebahasaan dan kesiswaan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Jenis Aktifitas Kreatif dalam pembelajaran bahasa Arab di Asrama Madrasah Aliyah Negeri 1 Metro yaitu kosa kata pagi, pidato bahasa arab , insya’ dan lomba bahasa. Aktifitas kreatif ini memiliki peran penting dalam pembelajaran bahasa Arab, melalui aktifitas ini siswa memiliki kesempatan yang luas untuk melatih kemahiran berbahasa. Aktifitas kreatif menjadi sarana yang memudahkan siswa dalam mencapai hasil belajar bahasa Arab yang baik. Aktifitas bahasa kreatif juga berpengaruh pada pengembangan kemampuan berbahasa siswa, motivasi siswa dan juga kreatifitas siswa dalam belajar.
Aspek yang perlu diperhatikan dan ditingkatkan, yaitu kreatifitas guru, kreativitas guru merupakan syarat yg utama dalam mengembangkan motivasi dan kreativitas siswa. guru kreatif akan memberikan inspirasi kreatif kepada siswa dengan berbagai stimulus untuk melatih kreatifitas siswa. Kreatifitas siswa akan tumbuh apabila guru pandai dalam memotivasi siswa untuk belajar dengan sungguh sungguh. Siswa yang sudah termotivasi, kreatifitasnya akan berkembang selama proses belajar mengajar dikelas. Kreatifitas seorang guru dibutuhkan selama proses belajar mengajar. Pembelajaran yang kreatif akan membuat siswa lebih tertarik dan bisa lebih mengembangakan materinya dengan baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 10 Jun 2023 03:06 |
Last Modified: | 10 Jun 2023 03:06 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7756 |
Actions (login required)
View Item |