Rahmawati, R.A Putri (2023) Manajemen Program Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Darul Muttaqin Al Islami Metro Tahun Pelajaran 2022/2023. Masters thesis, IAIN Metro.
PDF
TESIS R. A Putri Rahmawati - 20710200 - PBA.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Manajemen pembelajaran bahasa arab merupakan usaha untuk mengelola pembelajaran bahasa arab yang meliputi perencanan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien
Program pembelajaran Bahasa Arab adalah salah satu Program pembelajaran yang sering diajarkan dan dikaji pada Lembaga Pendidikan Islam seperti Pondok Pesantren. Pondok Pesantren Darul Muttaqin Al Islami Metro adalah salah satu Pondok Pesantren yang memiliki Program Unggulan Bahasa Arab, yaitu mengajarkan Bahasa Arab secara intensife dan mempunyai system pembelajaran level 1-6 yang setiap level bisa ditempuh dengan satu semester.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan Studi Kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasi penelitian diperoleh melalui Wakil Pembina Pondok, Mudir Pondok, Ketua Bahasa Pondok, Guru Pondok, dan Santri Pondok Pesantren Darul Muttain Al Islami Metro. Hasil penelitian menujukan bahwa rangkaian kegiatan Manajemen Program Pembelajaran Bahasa Arab dilaksanakan di Pondok Pesantren Darul Muttaqin Al Islami Metro adalah sebagai berikut: (1) Perencanaan Program Pembelajaran yaitu: (a) Penetapan Program Pembelajaran, (2) Penyusunan Materi Pembelajaran, (3) Pengggunaan Media Pembelajaran. (2) Pelaksanaan Program Pembelajaran yaitu: (a) Waktu Pelaksanaan, (b) Tempat Pelaksanaan, (c) Metode Pelaksanaan (3) Evaluasi Pembelajaran melalui (a) test, (b) non test.
Berdasarkan hasi penelitian mengenai Manajemen Program Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darul Muttaqin Al Islami Metro yang meliputi perencanan, pelaksanaan dan evaluasi telah dilaksanakan cukup baik akan tetapi perencanaan program pembelajarn pada kurikulum belum memenuhi criteria kurikulum pembelajaran yang baik. Diharapkan Pondok Pesantren Darul Mutaqin Al Islami Metro dapat meningkatkan perencanaan pembelajaran yang terkait dengan ح RPP dan kesiapan materi dan media pembelajaran. Jika semua aspek manajemen pembelajaran dikembangkan dengan baik maka tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 08:37 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 08:37 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7791 |
Actions (login required)
View Item |