Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Media gambar untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas IV di SDN Pakuan Baru Way Kanan

Agustina, . (2023) Penggunaan Media gambar untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas IV di SDN Pakuan Baru Way Kanan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI_AGUSTINA_PGMI - Agustina Nana.pdf - Other

Download (10MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dikarenakan minat siswa kurang dalam proses pembelajaran. Hal ini terlihat dari siswa yang kurang merespon stimulus yang diberikan guru, pembelajaran yang masih berpusat pada guru dikarenakan keterbatasan penggunaan media. Hal ini yang menyebabkan kejenuhan pada siswa, sehingga siswa kurang memahami pembelajaran dan mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Masalah tersebut ditunjukan dengan data awal dari 18 siswa terdapat 13 siswa yang belum tuntas dengan persentase 72%. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut yaitu guru membutuhkan media yang tepat guna mempermudah siswa untuk memahami materi-
materi yang ada. Contohnya dengan menggunakan media gambar poster, siswa dapat melihat gambar tempat hidup berbagai makhluk hidup yang tidak bisa dijangkau.
Pelajaran IPA di SD tidak dapat terpisahkan oleh media pembelajaran, karena banyak materi pembelajaran IPA yang sulit dijelaskan dengan buku saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pakuan Baru dengan menggunakan media gambar poster.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pakuan Baru, sedangkan objek penelitian adalah menggunakan Media Gambar Poster untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini berupa lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa penggunakan Media Gambar Poster dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Pada siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 73% dan pada siklus II meningkat menjadi 81%. Pada siklus I hasil belajar siswa sebesar 72% dengan predikat cukup dan pada siklus II menjadi 78% dengan predikat baik atau mengalami peningkatan 6%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar poster dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pakuan Baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:13
Last Modified: 12 Jul 2023 02:13
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7898

Actions (login required)

View Item View Item