Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Tipe Kepribadian Peserta Didik Terhadap Hasil Asesmen Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum Merdeka

Astuti, Dyah Avisha (2023) Pengaruh Tipe Kepribadian Peserta Didik Terhadap Hasil Asesmen Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum Merdeka. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
DYAH AVISHA ASTUTI 1901060007.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan tipe kepribadian peserta didik yang berbeda-beda sehingga memengaruhi hasil asesmen pembelajaran matematika pada kurikulum merdeka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat pengaruh antara tipe kepribadian extrovert dan introvert peserta didik terhadap hasil asesmen pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII yang telah menerapkan kurikulum merdeka di SMPN 1 Metro dengan jumlah populasi 128 peserta didik dan jumlah sampel sebanyak 56 peserta didik melalui teknik random sampling. Instrumen data pada penelitian ini menggunakan angket tipe kepribadian, dan dokumen hasil asesmen pembelajaran matematika di kelas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji regresi liniear berganda dengan sebelumnya melakukan uji prasyarat. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa presentase tipe kepribadian extrovert 80% dan introvert 20%. Selanjutnya, berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji regresi diperoleh (uji F = 0,039; p-value <0,05). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan tipe kepribadian extrovert dan introvert peserta didik terhadap hasil asesmen
pembelajaran matematika pada kurikulum merdeka.
Kata kunci: Tipe Kepribadian, Hasil Asesmen Pembelajaran Matematika,
Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:49
Last Modified: 02 Aug 2023 02:49
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8007

Actions (login required)

View Item View Item