Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Sekampung Lampung Timur

ABRASY, HAFIZ (2023) Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Sekampung Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Hafiz Abrasy.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas suatu bangsa. Perilaku belajar merupakan suatu komponen yang sangat penting dalam pembelajaran. Perilaku belajar siswa dalam proses pembelajaran sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Terutama jika perilaku positif akan membuat siswa senang dalam mengikuti proses pembelajaran. Apabila pada saat pembelajaran siswa memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru maka hasil belajar siswa akan baik. Hasil belajar adalah salah satu tolak ukur untuk melihat berhasil atau tidaknya suatu proses pembelajaran. Mendapatkan hasil belajar yang baik, merupakan harapan dari setiap siswa, guru, dan orangtua.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh perilaku belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sekampung?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perilaku belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sekampung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII yang berjumlah 54 responden

Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data angket (quesioner) dan dokumentasi. Angket ini digunakan untuk mendapat data tentang perilaku belajar, serta dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan data mengenai hasil belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelas VII, profil, visi dan misi sekolah, struktur organisasi, data jumlah guru, data jumlah siswa serta sarana dan prasarana SMP Negeri 1 Sekampung.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh perilaku belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP N 1
Sekampung Kecamatan Lampung Timur. Hal ini ditunjukan dari hasil perolehan uji perbandingan t-hitung dan t-tabel. Diketahui bahwa nilai t-hitung sebesar 4.015 sedangkan t-tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 1.67412, artinya t-hitung > t-tabel. Dalam uji Chi-Kuadrat hasilnya menunjukkan bahwa nilai P sebesar 0,016 yang artinya nilai P kurang dari 0,05. Selain itu, dilihat dari hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana perilaku belajar mempunyai pengaruh sebesar 23,7% dalam mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sekampung dan untuk 76,3% dipengaruhi oleh variabel lain, seperti cita-cita atau aspirasi siswa, kemauan siswa, kondisi siswa, kondisi lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Maka dapat dikatakan bahwa Ha dalam penelitian ini diterima dan H0 ditolak.
Kata kunci: Perilaku Belajar, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:20
Last Modified: 02 Aug 2023 04:20
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8016

Actions (login required)

View Item View Item