Anindyta, Siti Hafiza (2023) Pengaruh Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas V SDN 1 Negeri Katon. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Siti Hafiza Anindyta - 1901011155 - PAI.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Keteladanan guru Pendidikan Agama Islam merupakan sifat atau perilaku baik yang dicontohkan oleh guru untuk menjadi panutan dan membentuk perilaku jasmani dan rohani yang baik bagi siswa dalam pembelajaran di kelas, sedangkan kedisiplinan siswa merupakan suatu perbuatan, sikap dan perilaku menaati peraturan yang di buat oleh guru dengan kesadaran yang ada pada diri siswa sesuai dengan peraturan yang berlaku. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ialah apakah ada pengaruh keteladanan guru Pendidikan Agama Islam terhadap kedisiplinan siswa kelas V SDN 1 Negeri Katon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh keteladanan guru Pendidikan Agama Islam terhadap kedisiplinan siswa kelas V SDN 1 Negeri Katon.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 40 siswa kelas V yang digunakan sebagai seluruh sampel dalam penelitian. Teknik pengambilan sampel yang penulis gunakan yaitu total sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data angket dan dokumentasi. Angket yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket tertutup yang dengan menggunakan beberapa alternative pertanyaan dengan alternative jawaban dengan menggunakan skala likert ditujukkan kepada siswa untuk mendapatkan data mengenai keteladanan guru Pendidikan Agama Islam dan kedisiplinan siswa, sedangkan dokumentasi bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai sejarah singkat sekolah, visi dan misi sekolah, saran dan prasarana, keadaan pendidik dan tenaga kependidikan, keadaan peserta didik serta struktur organisasi SDN 1 Negeri Katon. Uji validitas menggunakan uji validitas expert judgement dengan perolehan nilai lebih dari 0,8 dan memiliki validitas yang tinggi.
Setelah data di analisis diketahui bahwa adanya pengaruh keteladanan guru Pendidikan Agama Islam terhadap kedisiplinan siswa kelas V SDN 1 Negeri Katon. Di lihat dari pengujian hipotesis menggunakan rumus Person Product Moment dengan perolehan rxy 0,615 dengan thitung lebih besar dari ttabel yaitu 4,811 > 2,024. Berdasarkan pernyataan tersebut dapat diketahui bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima (Ha) yaitu ada pengaruh keteladanan guru Pendidikan Agama Islam terhadap kedisiplinan siswa kelas V SDN 1 Negeri Katon. Adapun dari hasil perhitungan koefisien determinasinya, keteladanan guru Pendidikan Agama Islam memiliki pengaruh sebesar 37,9% kedisiplinan siswa kelas V SDN 1 Negeri Katon.
Kata Kunci : Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam, Kedisiplinan Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 07:43 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 07:43 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8046 |
Actions (login required)
View Item |