Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV MIM Banjarsari Kota Metro

Melati, . (2023) Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV MIM Banjarsari Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Melati.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Untuk mewujudkan motivasi belajar yang tinggi diperlukan juga guru yang terampil dalam belajar, salah satunya dengan memberikan penghargaan
kepada siswa atas kemajuan belajarnya. Peningkatan kualitas kegiatan belajar mengajar yang berlangsung di kelas merupakan langkah awal dalam
meningkatkan standar pendidikan. Salah satu unsur yang dapat mendorong motivasi siswa untuk belajar adalah reward. Pernyataan masalah penelitian ini menanyakan apakah ada pengaruh pemberian reward terhadap peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas IV MIM Banjarsari Kota Metro.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV MIM Banjarsari Kota Metro. Hipotesis pada penelitian ini ialah ada pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV MIM Banjarsari Kota Metro. Sampel pada penelitian ini sebanyak 21 siswa. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data angket dan dokumentasi. Angket ditujukan kepada siswa untuk mencari data tentang npemberian reward dan data tentang motivasi belajar siswa.

Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu penggunakan rumus Chi Kuadrat Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pemberian reward terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV Banjarsari Kota Metro. Setelah dilakukan pengujian dengan menggunakan rumus Chi Kuadrat diperoleh harga Chi Kuadrat tabel. Dengan menggunakan df atau db sebesar 2, nilai Chi Kuadrat (x2) pada taraf signifikan 5% adalah 5,991 dan untuk taraf signifikan 1% adalah 9,210. Artinya harga Chi Kuadrat (x2hit) hitung sebesar 19,24 lebih besar dari harga Chi Square tabel (x2tab) pada taraf signifikan 1% dan taraf signifikansi 5% pada db = 2. Oleh karena itu disimpulkan tolak H0 hipotesis, atau menerima Ha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 15 Sep 2023 00:58
Last Modified: 15 Sep 2023 00:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8151

Actions (login required)

View Item View Item