Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMPN 5 Metro Kecamatan Metro Selatan

Febriana, Anggita Happy (2023) Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMPN 5 Metro Kecamatan Metro Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Anggita Happy Febriana.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Guru memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satu bentuk motivasi yang sederhana yaitu dengan
memberikan reward. Reward diberikan pada seseorang supaya seseorang tersebut mau belajar dengan baik, rajin, dan bersemangat dalam belajar serta lebih bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan oleh guru. Pemberian reward pada dasarnya memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap motivasi belajar siswa.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ―apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan dari pemberian reward terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMPN 5 Metro Kecamatan Metro Selatan?‖. Tujuan

penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pemberian reward terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMPN 5 Metro Kecamatan Metro Selatan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII yang berjumlah 39 responden
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data angket (quesioner) dan dokumentasi. Angket ini digunakan untuk mendapat data tentang pemberian reward dan motivasi belajar siswa, serta dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan sejarah berdirinya SMPN 5 Metro, visi dan misi sekolah, struktur organisasi, data jumlah guru, data jumlah siswa serta sarana dan prasarana SMPN 5 Metro.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pemberian reward terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMPN 5 Metro Kecamatan Metro Selatan. Hal ini
ditunjukan dari hasil perolehan pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test yaitu diperoleh nilai t-hitung sebesar 4,903 lebih besar dari t-tabel yaitu 1.68595 pada taraf signifikansi 5%. Selain itu, dilihat dari hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana pemberian reward mempunyai pengaruh sebesar 39,4% dalam mempengaruhi motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMPN 5 Metro Kecamatan Metro Selatan dan untuk 60,6% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci: Pemberian Reward, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 04 Oct 2023 00:59
Last Modified: 04 Oct 2023 00:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8169

Actions (login required)

View Item View Item