Habibullah, Muhammad Rafiq (2023) Pengaruh Minat dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar PAI di SMPN 4 Terbanggi Besar Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI RAFIQ_compressed (1) - M Rafiq Habibullah.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Hasil belajar siswa kelas VIII A-G di SMPN 4 Terbanggi Besar
dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor yang mempengaruhi tersebut di antaranya adalah minat dan disiplin belajar. Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah Minat belajar peserta didik sudah tergolong baik, tetapi masih ada peserta didik yang minat belajarnya rendah. Kedisiplinan belajar peserta didik sudah tergolong baik, tetapi masih ada peserta didik yang disiplin belajarnya rendah. Hasil belajar pada ranah kognitif yaitu PTS Semester Genap PAI masih menunjukkan kategori tidak tuntas dalam mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar PAI, 2) Apakah ada pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar PAI?, 3) Apakah ada pengaruh minat belajar terhadap disiplin belajar?, dan 4) Apakah ada pengaruh minat belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar PAI?. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Ada pengaruh minat belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar PAI di SMPN 4 Terbanggi Besar tahun pelajaran 2022/2023”.
Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif bersifat korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII di SMPN 4 Terbanggi Besar tahun pelajaran 2022/2023 sejumlah 201 peserta didik. Pengumpulan data dengan menggunakan angket, dokumentasi dan tes. Uji coba instrumen dilakukan pada 20 siswa kelas VIII diluar sampel. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis jalur.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1)Ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar PAI sebesar 0,0539 dengan tingkat pengaruhnya lemah, 2) Ada pengaruh disiplin terhadap hasil belajar PAI sebesar 0,4039 dengan tingkat pengaruhnya kuat, 3)Ada pengaruh minat belajar terhadap disiplin belajar sebesar
0,6761 dengan tingkat pengaruhnya kuat, dan 4)Ada pengaruh minat dan disiplin belajar terhadap hasil belajar sebesar 0,2731 dengan tingkat pengaruh sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 02:13 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 02:13 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8212 |
Actions (login required)
View Item |