Damayanti, Alfina (2023) Penggunaan Media Gambar Poster Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 1 Astomulyo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI ALFINA DAMAYANTI - 1901030003 - PGMI.pdf - Other Download (9MB) |
Abstract
Era globalisasi saat ini, tulis-menulis merupakan salah satu media yang berakibat penting dalam mentransformasikan ide dan pikiran dalam cakupan yang sangat luas. Agar informasi yang disampaikan dapat dipahami pembaca dengan tepat, diperlukan keterampilan menulis yang memadai, oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa saat ini keberhasilan pada hampir di setiap bidang pekerjaan maupun pendidikan, ditentukan salah satunya oleh kemampuan atau keterampilan menulis. Mengingat begitu pentingnya kegiatan menulis yang sudah tertera, setiap sekolah harus mengakomondasi dalam proses pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan menulis. berdasarkan pengamatan penelitian pelaksanaan prose belajar mengajar SD Negeri 1 Astomulyo mengalami beberapa kendala.Pada pembelajaran Bahasa Indonesia blum pernah menggunakan media pembelajaran sehingga pembelajaran kurang efektif dan membuat siswa menjadi jenuh. Penyampaian materi tanpa menggunakan media membuat siswa bosan, sehingga dapat mempengaruhi proses dan hasil belajar siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah apakah terdapat peningkatan penggunaan media gambar poster untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD Negeri 1 Astomulyo?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD Negeri 1 Astomulyo.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini dilakukan pada kelas IV sejumlah 23 siswa yang terdiri dari 15 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan menggunakan model penelitian yang dikembangkan Suharsini Arikunto setiap satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa kuantitatif untuk mengetahui hasil belajar siswa dan kualitatif untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran gambar poster pada hasil belajar siswa berupa keterampilan menulis.
Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa setelah penggunaan media gambar poster diterapkan hasil belajar keterampilan menulis karangan deskripsi siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 58,2% dan siklus II sebesar 76,6%. Mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 18,4%. Dari analisis data dapat dipahami bahwa media gambar poster ini dapat meningkatan hasil keterampilan menulis deskripsi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 07:56 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 07:56 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8225 |
Actions (login required)
View Item |