Astuti, Anggun Widia (2023) Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Minat Membaca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD N 1 Sidodadi Pekalongan Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Anggun Widia Astuti - 1901031009 - PGMI.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi peneliti, siswa kelas IV SD N 1 Sidodadi pekalongan Lampung Timur, pada saat proses pembelajaran Bahasa Indonesia diketahui minat baca siswa terhadap kegiatan membaca masih rendah. Hal ini terlihat pada saat proses pembelajaran siswa kurang memahami materi yang diberikan oleh guru. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang monoton dimana siswa tidak berperan aktif dalam proses pembelajaran berlangsumg sehingga hasil belajar siswa yang didapat belum maksimal.
Berdasarkan identifikasi masalah dan batasan masalah maka rumusan masalah dalam penilitian ini, adakah pengaruh metode discovery learning terhadap minat baca siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD N 1 Sidodadi Pekalongan Lampung Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode discovery learning terhadap minat baca siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD N 1 Sidodadi Pekalongan Lampung Timur.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Eksperimen (Pre-eksperimen), dengan desain penelitian one group pre-test dan post-test, teknik pengumpulan data melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Populasi diambil dari keseluruhan siswa kelas IV SD N 1 Sidodadi, dengan sampel yang diambil dari kelas IV B sebanyak 17 siswa. Uji validasi isi dengan pendapat ahli (expert judgment), selanjutanya setelah divalidasi oleh pendapat ahli di validasikan kembali dengan uji validasi konstruk dengan rumus korelasi product moment angka kasar, sedangkan reabilitas data menggunakan rumus Alpha. Teknik analisis data menggunakan rumus liliefors dengan bantuan SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh metode discovery learning terhadap minat baca siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD N 1 Sidodadi Pekalongan Lampung Timur. Hasil penelitian berdasrkan hasil perhitungan jika nilai signifikan > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak, artinya tidak ada pengaruh metode discovery learning terhadap minat baca siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia, Jika nilai signifikan < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh metode discovery learning terhadap minat baca siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia. Dapat dilihat bahwa nilai sig. (2- tailed) sebesar thitung 0,000 < ttabel 0,4821, dilihat dari taraf signifikan satu arah 0,05, maka dapat kita simpulkan bahwa ada pengaruh metode discovery learning terhadap minat baca siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 02:54 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 02:54 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8230 |
Actions (login required)
View Item |