Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Ma’arif NU 04 Pekalongan

Fajriana, Rahmah (2023) Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Ma’arif NU 04 Pekalongan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI RAHMAH FAJRIANA - 1901011131 - PAI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Media audiovisual adalah media yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk suara maupun gambar. Dengan menerapkan media audiovisual ini siswa lebih fokus dalam proses pembelajaran yang menggunakan media Audiovisual. Lalu media audiovisual ini akan membantu siswa agar tidak merasa bosan atau jenuh saat guru menyajikankan materi tersebut. Sehingga siswa berantusias dalam belajar dan dapat menarik perhatian siswa. Melalui media yang digunakan oleh guru didalam proses pembelajaran akan mampu meningkatkan hasil belajar.

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah Ada Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Fiqih di MTs Ma‘arif NU 04 Pekalongan. Tujuan dan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Fiqih di MTs Ma‘arif NU 04 Pekalongan.

Populasi pada penelitian ini yaitu siswa yang berjumlah sebanyak 78 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik sampling jenuh dan jumlah yang diambil adalah 21 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Angket yang digunakan untuk memperoleh informasi/data responden. Jenis angket yang digunakan adalah angket skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Korelasi Product Moment. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah: ada pengaruh penggunaan media audio visual terhadap Fiqih di MTs Ma‘arif NU 04 Pekalongan.

Berdasarkan pengolahan dan analisis data dengan rumus Korelasi Product Moment yang berhasil dikumpulkan, maka pada penelitian ini diketahui r hitung sebesar 0,623. Dapat diketahui bahwa r hitung 0,623 dan r tabel 0,433 dengan taraf signifikan 5% artinya r hitung > r tabel, maka hipotesis (Ha) diterima. Dengan tingkat keterkaitan tinggi. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap hasil belajar Fiqih di MTs Ma‘arif NU 04 Pekalongan.

Kata Kunci: Penggunaan Media Audiovisual, Hasil Belajar Fiqih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 04 Oct 2023 01:02
Last Modified: 04 Oct 2023 01:02
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8297

Actions (login required)

View Item View Item