Sari, Devi Ratna (2023) Upaya Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Melalui Metode Permainan-Permainan Edukatif Pada Siswa Kelas IV MI Miftahul Ulum Karyatani Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
DEVI RATNA SARI.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan dan faktor kesulitan siswa dalam menguasai mufrodat dan upaya guru mengatasi kesulitan tersebut di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Karyatani.
Berdasarkan dari hasil observasi yang peneliti lakukan disekolah MI Miftahul Ulum Karyatani pada kelas IV terdapat banyak masalah, sebelum menguasai mufrodat dengan benar dan kebanyakan dari mereka yang mengalami kesulitan dalam belajar mufrodat contohnya: Salah dalam penulisan, pengucapan dan tidak dipraktekkan
Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Miftahul ulum yang berjumlah 18 siswa.
Hal ini ditunjukan bahwa dengan peningkatan nilai mulai dari pertemuan ke- 1 sebesar 50,25 pertemuan ke-2 sebesar 80,25. Terjadinya peningkatan pada nilai siswa sesudah diterapkannya metode permainan- permainan edukatif yaitu soal pretes nilainya sebesar 55,25, dan nilai postes sebesar 73,3. Dari hasil selisih nilai tersebut terdapat perbedaan yang signifikan sebesar 8,10. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mufrodat dengan menggunakan metode permainan-permainan edukatif di kelas IV MI Miftahul Ulum berhasil dilaksanakan karena dengan tercapainnya indikator keberhasilan.
Kata kunci: Metode permainan edukatif, penguasaan mufrodat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 07:59 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 07:59 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8323 |
Actions (login required)
View Item |