Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Belajar Bahasa Arab Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Tahun Pelajaran 2022/2023

Safitri, Azizah Nur (2023) Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Belajar Bahasa Arab Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI AZIZAH NUR SAFITRI NPM. 1901021005 - Azizah Nur Safitri.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Kesulitan belajar yang dihadapi siswa saat belajar bahasa Arab di MI Miftah al-Ulum Karya Tani, 2). Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar bahasa Arab siswa di MI Miftah al-Ulum Karya Tani, 3). Apa faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru dalam mengatasi kesulitan siswa dalam belajar bahasa arab di MI Miftah al-Ulum Karya Tani?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Kesulitan belajar bahasa Arab yang dialami siswa kelas V adalah sebagai berikut: a.. Siswa belum mampu membaca teks bahasa arab, b. siswa belum mampu menulis huruf arab. (2). Strategi yang digunakan guru bahasa Arab untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut adalah: a. Menciptakan suasana yang kondusif di dalam kelas, b.
Menggunakan metode bernyanyi dan bermain untuk menarik minat anak dalam mengagumi pelajaran bahasa arab, c. Memberikan pelatihan tambahan terkait dengan membaca, dan menulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 04 Oct 2023 08:11
Last Modified: 04 Oct 2023 08:11
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8343

Actions (login required)

View Item View Item