Muslichuddin, Muhammad (2019) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqh Siswa Kelas VIII MTs Ma`Arif 06 Seputih Raman Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
M. MUSLICHUDDIN 1168311.pdf - Other Download (6MB) | Preview |
Abstract
Pencapaian hasil belajar berkaitan dengan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Guru dituntut untuk memiliki kompetensi pedagogik sebagai kompetensi dasar yang dibutuhkan sebagai pendidik profesional. Komptensi pedagogik yang dimiliki guru dapat digunakan untuk mengenal dan memahami karakteristik belajar peserta didik. Proses pendidikan yang dijalankan berdasarakan landasan pedagogis memudahkan guru menetapkan strategi, metode, dan pendekatan yang digunakan dalam mewujudkan tujuan pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruhkompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar mata pelajaran Fiqh kelas VIII MTs Ma`arif 06 Seputih Raman Lampung Tengah tahun pelajaran 2018/2019?Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar mata pelajaran Fiqh kelas VIII MTs Ma`arif 06 Seputih Raman Lampung Tengah tahun pelajaran 2018/2019. Desain penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Ma`arif 06 Kecamatan Seputih Ramanyang berjumlah 70 orang.Seluruh populasi diambil sebagai sampel penelitian.Pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, observasi, analisis data menggunakan rumus productmoment.
Berdasarkan hasil penelitian diketahuikompetensi pedagogik guru berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran Fiqh kelas VIII MTs Ma`arif 06 Seputih Raman Lampung Tengah tahun pelajaran 2018/2019. Dari hasil uji hipotesis diketahui koefisien korelasi kompetensi pedagogik guru dan hasil belajar mata pelajaran Fiqh sebesar 0,824. Berdasarkan perbandingan rhitungdan rtabel dengan derajat kebebasan df= n –r = atau 70 –2 = 68, pada taraf kesalahan 5%diketahui bahwa rhitungsebesar 0,824lebih besar dari rtabel0,235(0,824> 0,235).Berdasarkan uji signifikansi menggunakan t test diperoleh hargathitungsebesar 11,99258. Setelah dibandingkan dengan harga ttabeldengan dk = n –2 =68, diperoleh harga ttabeluntuk taraf kesalahan 5% sebesar 1.66757. Berdasarkan perhitungan tersebut diketahui kompetensi pedagogik guru berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran Fiqh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 14 Jan 2020 06:57 |
Last Modified: | 14 Jan 2020 06:57 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/844 |
Actions (login required)
View Item |