Sholihah, Mutiara (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV MIN 2 Metro Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI MUTIARA SHOLIHAH - 1901030027 - PGMI.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Subjek (merupakan populasi) dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 2 Metro Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 31 orang yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Selama ini masalahnya adalah hasil belajar mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV masih rendah dikarenakan terlihat strategi yang diterapkan guru hanya secara konvensional, yaitu dengan metode ceramah, yang mana terlihat kurangnya keterlibatan oleh siswa untuk ikut aktif dalam pembelajaran yang mengakibatkan siswa akan cepat bosan dan konsentrasi belajar siswa mudah terhambat. Dengan demikian maka peneliti memberikan solusi untuk menerapkan strategi pembelajaran index card match pada mata pelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Adapun jenis metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Setelah diadakan analisis terhadap kegiatan pembelajaran strategi index card match melalui 2 siklus pembelajaran maka dapat diketahui bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA. Hal ini terlihat bahwa persentase ketuntasan hasil belajar (KKM=70) pada data pra survey sebelum menggunakan strategi belajar Index Card Match sebesar 45,16 % (14 0rang) yang tuntas dan 54,84 % (17 orang) yang tidak tuntas. Tetapi setelah diadakan penelitian dengan menggunakan strategi belajar Index Card Match, maka ternyata pada siklus I pertemuan kesatu saja persentase ketuntasannya sudah meningkat sebanyak 16,13 % yaitu dari 45,16 % (14 orang) menjadi 61,29 % (19 orang). Dan pada siklus I pertemuan kedua meningkat lagi sebanyak 16,13 % yaitu dari 61,29 % (19 orang) menjadi 77,42 % (24 orang). Sedangkan pada siklus II pertemuan kesatu juga terjadi peningkatan sebanyak 6,45 % dari 77,42 % (24 orang) menjadi 83,87 % (26 orang). Karena target peneliti ketuntasan siswa adalah 90 %, sedangkan pada siklus II pertemuan kesatu belum tercapai 90 %, maka peneliti melanjutkan tindakan penelitian lagi untuk siklus II pertemuan kedua. Pada siklus II pertemuan kedua, terjadi peningkatan sebanyak 6,45 % lagi yaitu dari 83,87 % (26 orang) menjadi 90,32 % (28 orang). Dengan demikian maka target ketuntasan siswa yang ingin dicapai oleh peneliti sebesar 90 % ternyata sudah terpenuhi karena pada akhir siklus II ketuntasan siswa sebesar 90,32 %.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa strategi belajar Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di MIN 2 Metro Tahun Pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 01:30 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 01:30 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8452 |
Actions (login required)
View Item |