Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Efektifitas Metode Sorogan Dalam Keterampilan Membaca Kitab Kuning Kelas Jurumiyah Santri Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Nurul Qodiri Lempuyang Bandar Lampung Tengah Tahun Ajaran 2022/2023

Anwar, Agus Choirul (2023) Efektifitas Metode Sorogan Dalam Keterampilan Membaca Kitab Kuning Kelas Jurumiyah Santri Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Nurul Qodiri Lempuyang Bandar Lampung Tengah Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Agus Choirul Anwar - 1901020002 - PBA.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran kitab kuning yang dilakukan di pondok pesantren, tidak bisa lepas dari adanya unsur-unsur yang berhubungan dengan metode. Metode sorogan adalah metode yang dianggap efektif dan masih dipertahankan untuk pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Nurul Qodiri (PPNQ) sebab metode ini melatih kemandirian santri untuk mengkaji kandungan kitab kuning dengan bimbingan langsung dari dari ustadz yang mengajar kemudian tujuan peneliti melakukan penelitian adalah untuk mengetahui Keefektifan metode sorogan dan kendala penerapan metode sorogan pada pembelajaran membaca kitab kuning santri kelas jurumiyah MADIN PPNQ

Dalam penelitiannya penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah interview/wawancara, observasi dan dokumentasi. Ketiga metode tersebut digunakan untuk mengumpulkan data berupa data yang sudah tertulis atau dari perkataan orang dan kegiatan yang diamati, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan sebenarnya yang ada di lapangan mengenai metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan santri kelas Jurumiyah dalam membaca kitab kuning di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Nurul Qodiri.

Setelah dilakukan penelitian , ditemukan bahwa di Madrasah Diniyah Ponpes Nurul Qodiri kegiatan pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan metode sorogan telah diterapkan sejak mulai berdirinya pondok pesantren tersebut hingga sekarang. Data yang diperoleh oleh peneliti dengan menggunakan tiga metode tersebut menunjukan bahwa metode sorogan masih teruji keefektifitasannya dalam pembelajaran kitab kuning di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Nurul Qodiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:29
Last Modified: 24 Oct 2023 07:29
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8455

Actions (login required)

View Item View Item