Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Bangun Datar Dengan Prosedur Newman

Damayanti, Meliana (2023) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Bangun Datar Dengan Prosedur Newman. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Meliana Damayanti - 1901062006 - TMTK.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita guna meningkatkan daya berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan persoalan dalam kehidupan sehari-hari. Namun sebagian besar siswa masih mengalami kendala dalam menyelesaikan soal cerita diantaranya dalam memahami kata-kata, mengubah ke dalam bentuk matematis dan menentukan rumus yang diperlukan. Untuk itu diperlukan sebuah cara untuk mengetahui penyebab siswa mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal, salah satunya dengan menganalisis kesalahannya dengan prosedur Newman.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian sebanyak enam siswa dipilih secara purposive sampling untuk dilakukan wawancara. Berdasarkan nilai hasil tes siswa yang tertinggi, sedang, dan rendah yang masing-masing mewakili tiap jenis kesalahan prosedur Newman untuk dilakukan wawancara secara mendalam. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan memberi skor sesuai dengan pedoman penskoran, mengelompokkan nilai hasil tes, mencari persentase kesalahan, dan dianalisis secara mendalam dengan teknik wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan paling banyak dilakukan siswa adalah pada penulisan jawaban akhir sebanyak 35,9%, yang disebabkan karena siswa tidak memahami perintah yang ada pada soal dengan baik dan salah dalam penyelesaian tahap sebelumnya sehingga berdampak pada tahap berikutnya. Kesalahan kedua yaitu kesalahan keterampilan proses sebanyak 27,6% yang disebabkan karena siswa kurang teliti dan buru-buru dalam melakukan proses perhitungan. Kesalahan ketiga yaitu kesalahan transformasi sebanyak 20,7% yang disebabkan karena tidak terampil dalam mengubah bahasa soal ke dalam model. Kesalahan keempat yaitu kesalahan memahami masalah sebanyak 15,9% disebabkan karena tidak memahami perintah yang ada pada soal.

Kata Kunci : kesalahan siswa, soal cerita, bangun datar, prosedur newman

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Nov 2023 03:04
Last Modified: 07 Nov 2023 03:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8476

Actions (login required)

View Item View Item