Permata, Dicko Cahya (2023) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Lingkaran. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Dicko Cahya Permata - 1901061013 - TMTK.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Matematika ialah ilmu pengetahuan yang penting. Bahkan pemerintah menjadikan matematika sebagai mata pelajaran wajib di sekolah. Peringkat Indonesia pada PISA 2018 menurun apabila dibandingkan dengan PISA 2015, artinya kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran matematika masih menjadi permasalahan. Hasil wawancara dengan guru SMAN 5 Metro bahwa siswa masih kesulitan mengerjakan soal apabila soal tersebut dimodifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal pada materi Lingkaran.
Jenis penelitiannya adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas XI IPA 3 di SMAN 5 Metro. Indikator kemampuan pemecahan masalah antara lain: 1) Memahami masalah, 2) Menyusun strategi, 3) Melaksanakan strategi, dan 4) Memeriksa kembali. Alat pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara. Informan wawancara sebanyak 5 siswa didapatkan dari masing-masing kategori kemampuan pemecahan masalah.
Hasil penelitian ini adalah siswa berkategori “Sangat Baik” mampu menyelesaikan setiap indikator kecuali pada nomor 4 indikator memeriksa kembali; siswa berkategori “Baik” mampu menyelesaikan setiap indikator, tetapi pada nomor 4 hanya sampai indikator memahami masalah; siswa berkategori “Cukup” hanya mampu menyelesaikan indikator dengan lengkap pada nomor 1 dan 3; siswa berkategori “Kurang” hanya mampu menyelesaikan indikator dengan lengkap pada nomor 1, sedangkan pada nomor 2, 3, dan 4 hanya sampai tahap menyusun strategi; siswa berkategori “Kurang Sekali” hanya mampu menyelesaikan indikator dengan lengkap pada nomor 1, sedangkan pada nomor 2 hanya 3 indikator, nomor 3 dan 4 hanya sampai pada tahap memahami masalah. Indikator yang paling banyak dikuasai oleh siswa adalah pada tahap memahami masalah sebesar 100%. Sedangkan indikator yang paling sedikit dikuasai siswa adalah pada tahap memeriksa kembali jawaban sebesar 50%.
Kata Kunci: Deskriptif, Lingkaran, Pemecahan Masalah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 03:02 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 03:02 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8535 |
Actions (login required)
View Item |