Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Menigkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Alat Peraga Papan Berpaku Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 24 Tulang Bawang Tengah

Antika, Rindi (2023) Menigkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Alat Peraga Papan Berpaku Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 24 Tulang Bawang Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Rindi Antika - 1901032032 - PGMI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena siswa beranggapan bahwa matematika mata pelajaran yang sulit dipahami dan membosankan. Berbagai upaya telah dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa melihat masih banyak siswa yang belum memenuhi KKM. Salah satunya dengan menggunakan alat peraga papan berpaku. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pelajaran Matematika pada siswa kelas IV SDN 24 Tulang Bawang Tengah

Teknik pengumpulan data menggunakan Tes, observasi, dan dokumentas. Tes dilakukan untuk menguji pengetahuan siswa sebelum dan sesudah di terapkannya Alat Peraga Papan Berpaku. Observasi dilakukan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran Matematika. Dokumentasi dilakukan untuk mendapatkan informasi dan data terkait penelitian.. Penelitian Ini dilakukan pada 06 Maret sampai 16 Maret 2023.

Hasil Penelitian ini menyatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga papan berpaku dalam mata pelelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 24 Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kecamatan Tulang Bawang Tengah. Terlihat bahwa setelah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga hasil pree test ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 yaitu 47%, hasil post test yaitu 60%. Pada siklus I ini hasil belajar siswa belum memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan nilai ≤ 70 dengan persentase ketuntasan 60%. Maka dari itu penelitian di lanjut sampai siklus II pada siklus II hasil pree test ketuntasan belajar siswa yaitu 60%, hasil post test yaitu 80%. Pada siklus II ini hasil belajar siswa sudah mencapai target dan peningkatan hasil belajar Matematika siswa sudah memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan nilai ≥ 70 mencapai 80% pada akhir siklus II.

Kata Kunci: Matematika, Alat Peraga, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Nov 2023 02:55
Last Modified: 07 Nov 2023 02:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8584

Actions (login required)

View Item View Item