Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Peer Lesson Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Subjek Didik

Lestari, Wiwit Sagita Ayu (2023) Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Peer Lesson Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Subjek Didik. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI WIWIT SAGITA AYU LESTARI - 1901011170 - PAI.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan subjek didik dalam pembelajaran PAI pada subjek didik SMK Aku Cinta Indonesia Metro tahun 2022/2023.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif Subjek penelitian adalah seluruh subjek didik kelas XI yang berjumlah 19 subjek didik. Penelitian ini adalah keaktifan belajar subjek didik dengan menggunakan srategi pembelajaran peer lesson. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan observasi dan catatan lapangan. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan subjek didik pada siklus I mencapai 52 % (kriteria cukup), pada siklus II meningkat menjadi 76 % (kriteria tinggi sekali). Artinya ada peningkatan sebesar 24%. Peningkatan terjadi karena adanya perbaikan di siklus II yaitu memberikan variasi terhadap media pembelajaran pada srategi pembelajaran peer lesson, motivasi terhadap subjek didik untuk lebih percaya diri dan berani, penguasaan materi saat presentasi dan adanya pemberian reward. Dengan demikian, penggunaan srategi pembelajaran peer lesson dapat meningkatkan keaktifan belajar subjek didik pada pembelajaran PAI kelas SMK Aku Cinta Indonesia Metro tahun 2022/2023.

Kata kunci : keaktifan subjek didik, pembelajaran PAI,strategi peer lesson.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Nov 2023 02:24
Last Modified: 07 Nov 2023 02:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8605

Actions (login required)

View Item View Item