Astuti, Sari (2023) Rosetta Stone Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Self Regulated Learning. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI SARI ASTUTI - 1801020016 - PBA.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Keterampilan berbahasa dapat diperoleh dengan menguasai kosakata terlebih dahulu. Dengan itu, penelitian ini akan menggunakan aplikasi rosetta stone sebagai media pembelajaran kosakata bahasa arab. Sehingga penguasaan bisa tumbuh optimal dengan metode pembelajaran seperti ini. Pembelajaran menggunakan media aplikasi rosetta stone bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam meningkatkan penguasaan kosakata sehingga mudah dipelajari dan dipahami.
Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 jurusan IPS dan PIAUD di IAIN Metro Lampung, sampel yang digunakan sebanyak 41 mahasiswa di jurusan IPS dan 19 di jurusan PIAUD. Data penelitian dikumpulkan dengan tahap wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.Pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini terdiri dari 3 macam yaitu Pengaruh Penggunaan Aplikasi Rosetta Stone,Kesulitan dalam menggunakan aplikasi Rosetta Stone, Efektifitas Penggunaan Aplikasi Rosetta Stone. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Rosetta Stone terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Semester I Pada Mahasiswa Jurusan IPS dan Jurusan PIAUD IAIN Metro Lampung berasal dari latar belakang pendidikan yang berbeda-beda, beberapa di antaranya berasal dari sekolah umum (SMA/SMK) yang tidak mengambil pelajaran bahasa Arab di sekolah. Aplikasi Rosetta Stone ini sangat efektif bagi mahasiswa dasar dan berlatar belakang pendidikan umum untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab dengan mudah yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja secara mandiri. Kesulitan dalam menggunakan aplikasi Rosetta Stone untuk belajar bahasa Arab adalah jaringan internet yang tidak stabil, meskipun di kampus tersedia jaringan wifi, akan tetapi jaringan tidak kuat untuk digunakan karena banyak mahasiswa, staf dan dosen menggunakan jaringan wifi yang hanya bisa di pakai di tempat tertentu dan kesulitan yang lain ada pada aplikasinya sendiri seperti microphone yang terkadang tidak merespon apa yang diucapkan mahasiswa, namun kesulitan tersebut dapat diatasi tanpa harus mengulang pembelajaran yang sedang berlangsung. Efektifitas Penggunaan Aplikasi Rosetta Stone Pada Pembelajaran Bahasa Arab Pada Mahasiswa Semester I Jurusan Pembelajaran IPS dan Jurusan PIAUD IAIN Metro Lampung, adalah mahasiswa dapat dengan mudah menghafal kosakata bahasa Arab secara mandiri, bahkan tanpa didampingi oleh dosen. Aplikasi Rosetta Stone ini sangat menarik untuk belajar bahasa Arab secara mandiri atau belajar bersama meskipun metode pengajaran bahasa menghilangkan terjemahan kata dan penjelasan tata bahasa, tetapi mahasiswa dapat menafsirkan kosa kata dengan melihat gambar yang tersedia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 02:38 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 02:38 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8621 |
Actions (login required)
View Item |