Muna, Nikmah Faizatul (2023) Faktor-faktor Demotivasi Belajar Bahasa Arab Pada Siswa MAN I Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Masters thesis, IAIN Metro.
PDF
TESIS NIKMAH FAIZATUL MUNA - 19003898 - PBA.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan: "Bagaimana demotivasi belajar bahasa Arab siswa MAN I Bandar Lampung pada tahun pelajaran 2022/2023?" dan "Apa faktor-faktor yang mempengaruhi demotivasi belajar bahasa Arab siswa MAN I Bandar Lampung pada tahun pelajaran 2022/2023?"
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk studi kasus yang mengungkap faktor-faktor demotivasi belajar bahasa Arab. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data mengacu pada analisis kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan demotivasi belajar bahasa Arab siswa MAN I Bandar Lampung terlihat dari beberapa fenomena, yaitu: kurangnya perhatian dan rasa membutuhkan belajar bahasa Arab, kurangnya penghargaan terhadap nilai nilai yang terkait dengan bahasa Arab, serta kurangnya orientasi terhadap bahasa Arab sebagai sumber pengetahuan dan pengembangan karir. Banyak siswa yang tidak melihat bahasa Arab sebagai hal yang penting bagi mereka dan tidak merasakan kebutuhan mendesak untuk mempelajarinya. Demotivasi belajar bahasa Arab juga terlihat dari kurangnya penghargaan siswa terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam bahasa Arab, seperti budaya dan keterkaitan dengan pemahaman agama. Mereka lebih fokus pada aspek praktis bahasa yang mereka pelajari untuk mendukung perkembangan karir mereka dan mendapatkan posisi sosial dalam masyarakat. Demotivasi juga terlihat dari pandangan siswa bahwa bahasa Arab walaupun memiliki nilai sejarah dan budaya, tetapi kurang strategis untuk mencapai perkembangan karir. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi demotivasi belajar bahasa Arab siswa MAN I Bandar Lampung meliputi keraguan dan ketidakjelasan tujuan yang hendak dicapai, kurangnya kebebasan berkeskpresi, konflik nilai dalam diri siswa, kurang rasa percaya diri, dan kebosanan. Secara umum, siswa merasakan lebih dari satu faktor yang mempengaruhi demotivasi belajar bahasa Arab. Hal ini menegaskan bahwa demotivasi belajar bahasa Arab menjadi kompleks. Artinya, demotivasi belajar bahasa Arab terjadi karena beberapa faktor yang berbeda, bukan karena satu faktor saja.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 19 Nov 2023 04:51 |
Last Modified: | 19 Nov 2023 04:51 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8679 |
Actions (login required)
View Item |