Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubungan Antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Pekalongan Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018

Sari, Indah Noviana (2018) Hubungan Antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Pekalongan Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI INDAH NOVIANA SARI (14114481).pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam suatu kegiatan pembelajaran tentu semua guru menginginkan hasil yang optimal, namun tidak semua cara setiap peserta didik mampu menerima pelajaran dapat diterima sesuai dengan gaya belajar mereka. Sehingga membuat hasil belajar mereka pun juga berbeda. Yang menjadi latar belakang masalah penelitian ini yaitu kesulitan atau kemudahan cara siswa dalam menerima pelajaran yang berbeda dan hasil belajar peserta didik yang masih rendah.

Pertanyaan penelitian ini adalah apakah ada hubungan gaya belajar siswa dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan gaya belajar siswa dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA N 1 Pekalongan Kabupaten Lampung Timur.Penelitian ini di didesain dengan deskriptif kuantitatif. Populasinya sebanyak 108siswa dan sampel sebanyak 30siswa. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini metode angket dan dokumentasi, serta teknik analisis data statistic penulis gunakan untuk menganalisa data yang terkumpul dalam penelitian ini menggunakan rumus product moment.

Hasil product momentdiperoleh xyrsebesar 0,517, sebelumnya terlebih dahulu mencari df-nya df=N-nr = 30-2=28. dengan df dbsebesar 28, maka pada taraf 5% diperoleh hargartabel sebesar 0,374 dan pada taraf 1%, diperoleh harga rtabel sebesar 0,478. Dengan demikian rhitung 0.517 lebih besar dari rtabel, baik dalam taraf signifikan rt5 % maupun rt1%. Hasil tersebut menunjukkan adannya ketereratan hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA N 1 Pekalongan Kabupaten Lampung Timur, termasuk dalam kategori sedang hal ini diketahui denganmenghitung hasil rxy sebesar 0,517terletak antara 0,40 –0,599. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa adanya hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA N 1 Pekalongan Kabupaten Lampung Timurtermasuk kategori yang sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 00:42
Last Modified: 15 Jan 2020 00:42
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/870

Actions (login required)

View Item View Item