Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa Pada Pembelajaran Pasca Pandemi

Sipmiarti, Welly (2023) Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa Pada Pembelajaran Pasca Pandemi. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
WELLY SIPMIARTI (1701040129).pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Kondisi pandemi covid-19 telah mengubah banyak hal salah satunya di ranah pendidikan yang mengalami perubahan menjadi pembelajaran online. Pembelajaran pasca pandemi merupakan kembalinya pembelajaran dengan tatap muka. Hal itu berakibat pada kurang efektifnya pembelajaran dan mengakibatkan motivasi dan hasil belajar siswa menurun. Akibat dari perubahan tersebut motivasi belajar siswa sering berubah-ubah. Hal ini terjadi juga pada kelas VIII MTs Negeri 1 Tulang Bawang Kampus 2 setelah dilakukan survey dengan salah satu guru mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar matematika siswa pada pembelajaran pasca pandemi.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 1 Tulang Bawang Kampus 2. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII menggunakan cara menyebarkan angket dengan jumlah siswa 18 responden.

Berdasarkan hasil penelitian mengenai motivasi belajar matematika siswa pada pembelajaran pasca pandemi dapat disimpulkan bahwa penelitian ini memiliki rata-rata keseluruhan motivasi belajar siswa berkategorikan tinggi dengan presentase 5% siswa yang memiliki motivasi sangat tinggi dengan jumlah responden adalah 1 orang dan 95% siswa memiliki motivasi belajar tinggi dengan jumlah responden 17 orang. Mengenai setiap indikator motivasi belajar matematika siswa didapatkan rata-rata motivasi belajar yang berkategorikan tinggi dengan presentase 75% pada indikator adanya hasrat dan keinginan berhasil, 75,92% pada indikator adanya keinginan dan kebutuhan dalam belajar, 76,38% pada indicator adanya harapan dan cita-cita masa depan, 76,38% pada indicator adanya penghargaan dalam belajar, 65,74% pada indikator adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, dan 76,38% pada indikator adanya lingkungan belajar yang kondusif.
Kata kunci: Motivasi Belajar, Pembelajaran Pasca Pandemi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 30 Nov 2023 14:00
Last Modified: 30 Nov 2023 14:00
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8715

Actions (login required)

View Item View Item