Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Sidomulyo

Sumiyati, . (2023) Pengaruh Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Sidomulyo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI SUMIYATI - 1901070020 - T. IPS.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen tentang pengaruh penggunaan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Sidomulyo. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Sidomulyo Tahun Pelajaran 2023/2024.

Jenis penelitian ini yaitu Quasi Eksperimental desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini membandingkan kelompok yang mendapatkan perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan (kelas kontrol). Populasi pada penelitian ini yaitu kelas VIII di SMP Negeri 1 Sidomulyo yang berjumlah 185 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII F dan VIII E yang berjumlah 30 siswa pada masing-masing kelas. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan observasi untuk memeroleh data penggunaan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji Homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji T-polled varians.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata Pada kelas eksperimen (VIII E) diperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 22,2 dengan nilai rata-rata pretest 62,3 dan nilai rata-rata posttest 84,5. Sedangkan pada kelas kontrol (VIII F) diperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 21,64 dengan nilai rata-rata pretest 58,16 dan nilai rata-rata posttest 79,8. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan nilai rata-rata dari hasil pretest ke posttest, tetapi perbedaan antara nilai rata-rata posttest kelas eksperimen (yang menggunakan internet sebagai sumber belajar) dan kelas kontrol (yang menggunakan buku teks sebagai sumber belajar) tidaklah signifikan. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 84,5 dan kelas kontrol sebesar 79,8 yang berarti selisih antara keduanya yaitu hanya 4,7% saja. Pada perhitungan uji T hitung menggunakan Uji T polled varian diperoleh hasil t hitung =1,023 dan t tabel = 2,002 yang artinya t hitung < t table (1,023 < 2,002) pada taraf signifikan α = 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini, tidak terdapat pengaruh penggunaan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Sidomulyo.

Kata Kunci: Internet, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Dec 2023 01:03
Last Modified: 07 Dec 2023 01:03
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8750

Actions (login required)

View Item View Item